Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/04/2023, 14:02 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp kembali memperkenalkan fitur baru. Kali ini, pengguna WhatsApp dapat menambah kontak baru atau mengubah nama kontak langsung dari dalam aplikasi.

Biasaya, saat pengguna ingin menambah kontak baru di WhatsApp, sistem akan mengarahkan pengguna ke aplikasi “Kontak” atau “Contacts” bawaan dari ponsel.

WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan calon fitur baru WhatsApp, mengungkapkan bahwa fitur tersebut tengah digelontorkan secara bertahap.

Untuk saat ini, fitur menambah kontak tersebut baru tersedia untuk pengguna WhatsApp beta Android versi 2.23.8.2, 2.23.8.4, 2.23.8.5, dan 2.23.8.6.

Fitur ini sudah hadir di salah satu akun WhatsApp yang digunakan KompasTekno.

Walau fitur baru ini tampak tidak terlalu signifikan, fitur mempermudah pengguna karena tidak perlu repot-repot keluar dari aplikasi WA ketika menambah atau mengubah nama kontak.

Baca juga: Trik Membuat Foto Profil WhatsApp Full dan Tidak Terpotong

Cara mengedit kontak langsung di WhatsappKOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Cara mengedit kontak langsung di Whatsapp

Untuk mengakses fitur ini cukup ikon “Chat” berwarna hijau yang terletak di kanan bawah tab “Chats”. Kemudian, pilih “New contact” atau “Kontak baru”.

Ketika menambah kontak baru dan sistem masih mengarahkan pengguna ke aplikasi Contacts, artinya Anda belum kedapatan fitur baru ini. Sebaliknya, jika sistem memunculkan laman menambah kontak langsung di WhatsApp, tandanya Anda sudah kebagian fitur baru.

Tampilan pengisian identitas kontak baru serupa dengan aplikasi Kontak (Contacts). Pengguna harus mengisi nama depan dan nama belakang (jika ada), lalu nomor ponsel.

Pengguna juga bisa memilih lokasi penyimpanan nomor kontak yang baru dimasukkan. Pilihan yang tersedia adalah menyimpan nomor ke alamat e-mail yang terdaftar di ponsel atau langsung ke penyimpanan (storage) ponsel.

Dikarenakan fitur ini belum tersedia secara merata, jangan berkecil hati dan mohon bersabar. Sebab, fitur baru tersebut dilaporkan sudah digulirkan secara bertahap.

Baca juga: Trik agar Orang Lain Tak Bisa Chat WhatsApp ke Kita Tanpa Memblokirnya

Calon fitur baru lainnya

Fitur lain yang dilaporkan bakal segera hadir di WhatsApp adalah “Silence unknown callers” dan “Companion Mode”. Fitur yang pertama nantinya memungkinkan pengguna membisukan (mute) panggilan suara dari nomor kontak yang tidak dikenal.

Kebaruan ini disebut-sebut dapat menjadi “penyelamat” bagi pengguna yang kerap merasa terganggu dengan panggilan suara (calls) anonim. Fitur tersebut juga bisa menjadi salah satu upaya WhatsApp untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam mengakses aplikasi.

Kedua, fitur “Companion Mode” memungkinkan pengguna menggunakan satu nomor WhatsApp di dua perangkat yang berbeda. Sebelum ada Companion Mode, pengguna yang memiliki dua akun WhatsApp pasti memiliki nomor ponsel yang berbeda juga.

Satu nomor untuk ponsel utama, lalu nomor lainnya untuk ponsel sekunder (kedua). Lewat fitur ini, pengguna hanya memerlukan satu nomor WhatsApp saja untuk bisa diakses di perangkat yang berbeda secara bersamaan.

Jika calon fitur baru ini digulirkan secara resmi oleh WhatsApp, para pengguna bisa mendapatkan peningkatan dari segi privasi dan kenyamanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com