Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Lenovo Legion Pro 5i dan Legion Pro 7i Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 30 Jutaan

Kompas.com - 12/04/2023, 16:04 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lenovo resmi meluncurkan dua laptop gaming terbarunya dari seri Legion, yaitu Legion Pro 5i dan Legion Pro 7i, di Indonesia pekan ini. 

Consumer Lead Lenovo Indonesia, Santi Nainggolan mengatakan kedua laptop gaming tersebut kini hadir dengan chip kecerdasan buatan (AI) yang bisa menunjang sekaligus mengatur performa perangkat ketika dipakai bermain game.

“Kedua laptop gaming terbaru kami ini hadir dengan chip AI bertenaga yang dapat menganalisis kebiasaan penggunaan dan mengoptimalkan seluruh kinerja sistem, sehingga dapat memberikan performa terbaik kepada pengguna," kata Santi dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (12/4/2023). 

Baca juga: Lenovo Berhenti Bikin Ponsel Gaming Legion

Sederhananya, chip AI yang juga disebut sebagai chip AI Lenovo Artificial Intelligence (LA) ini bertugas untuk mempertahankan performa sistem, sehingga laptop bisa menjalankan berbagai game dengan optimal dan konsisten dari waktu ke waktu. 

Dalam proses optimasi sistem ini, chip AI tersebut mengandalkan teknologi Lenovo AI Engine Plus, yang bakal menerapkan suatu algoritma supaya bisa mempelajari performa perangkat berdasarkan kebiasaan pengguna ketika bermain game.

Lalu, chip AI ini akan melakukan optimasi pada komponen prosesor (CPU) dan pengolah grafis (GPU) supaya hardware Legion Pro 5i dan Legion Pro 7i bisa menjalankan game dengan lancar tanpa adanya hambatan.

Nantinya, kinerja chip AI ini bisa dilihat dan diatur sedemikian rupa melalui aplikasi dashbor Lenovo Vantage yang bisa diakses langsung dari laptop. 

Terlepas dari chip AI, laptop gaming Legion Pro 5i dan Legion Pro 7i dibekali dengan sejumlah spesifikasi hardware yang sedikit berbeda. 

Legion Pro 7i

Lenovo Legion Pro 7i.Lenovo Lenovo Legion Pro 7i.

Lenovo Legion Pro 7i mengusung layar IPS 16 inci dengan resolusi WQXGA, rasio layar 16:10, refresh rate 240 Hz, response time 3 ms, serta tingkat kecerahan mencapai 500 nits.

Layar laptop ini juga memiliki dukungan VESA DisplayHDR 400, Dolby Vision, Nvidia G-Sync, dan telah tersertifikasi TUV Rheinland dan X-Rite Pantone. 

Pada sektor performa, Legion Pro 7i ditenagai dengan CPU Generasi ke-13 dari Intel, yaitu Intel Core i9-13900HX, dengan dua opsi GPU GDDR6 Nvidia GeForce RTX 4080 (VRAM 12 GB)/RTX 4090 (VRAM 16 GB). 

Untuk aspek memori, laptop gaming ini dibekali dengan RAM DDR5 hingga 32 GB, serta media penyimpanan (storage) SSD PCIe Gen 4 hingga 2 TB.

Di sektor daya, laptop dengan dimensi ketebalan 21,9-25,9 mm dan berbobot 2,8 kg ini dibekali dengan baterai berkapasitas 99,99 Whr.

Baterai laptop ini memiliki dukungan Super Rapid Charge, suatu teknologi pengisian cepat yang diklaim bisa mengisi baterai laptop secara penuh dalam waktu 60 menit. 

Baca juga: Lenovo Pamer Laptop Layar Gulung, Begini Bentuknya

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com