Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hands-on Samsung Galaxy M14 5G, Ponsel Menengah dengan Baterai 6.000 mAh

Kompas.com - 12/04/2023, 19:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaxy M14 5G merupakan smartphone kelas menengah terbaru Samsung yang dirilis di Indonesia pada 31 Maret lalu. Ponsel ini dibekali dengan berbagai fitur unggulan, salah satunya adalah baterai yang memiliki kapasitas jumbo 6.000 mAh.

KompasTekno berkesempatan membuka kotak kemasan (unboxing) dan menggenggam (hands-on) suksesor Galaxy M13 5G ini untuk pertama kalinya.

Secara tampilan, kotak kemasan Samsung M14 5G terlihat ramping dan sederhana, identik seperti ponsel kelas menengah Samsung anyar lainnya.

Di sekeliling kotak penjualan tersebut, terdapat sejumlah informasi penting seperti spesifikasi singkat ponsel, nomor IMEI, nama model ponsel, dan ilustrasi bagian depan ponsel.

Ketika membuka kotak penjualan Samsung Galaxy M14 5G, konsumen akan mendapatkan beberapa kelengkapan seperti kabel data USB-C ke USB-C, buku panduan, dan SIM ejector.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M14 5G di Indonesia

Isi kotak kemasan Samsung Galaxy M14 5G. Ketika membuka kotak penjualan Galaxy M14 5G, konsumen akan mendapatkan beberapa kelengkapan seperti kabel data USB-C ke USB-C, buku panduan, dan SIM ejector.

Artinya, pengguna tak akan mendapatkan aksesori pendukung seperti earphone, kepala alias adapter charger, atau pembungkus (case) ponsel untuk melindungi perangkat dari benturan. 

KOMPAS.com/Bill Clinten Isi kotak kemasan Samsung Galaxy M14 5G. Ketika membuka kotak penjualan Galaxy M14 5G, konsumen akan mendapatkan beberapa kelengkapan seperti kabel data USB-C ke USB-C, buku panduan, dan SIM ejector. Artinya, pengguna tak akan mendapatkan aksesori pendukung seperti earphone, kepala alias adapter charger, atau pembungkus (case) ponsel untuk melindungi perangkat dari benturan.

Artinya, pengguna tak akan mendapatkan aksesori pendukung seperti earphone, "kepala" alias adapter charger, atau pembungkus (case) ponsel untuk melindungi perangkat dari benturan.

Layar lega

Pada sektor layar, Samsung Galaxy M14 5G mengusung panel PLS LCD dengan ukuran 6,6 inci, resolusi Full HD Plus, dan refresh rate 90 Hz.

Layar ini bisa dibilang cukup lega apabila dibandingkan dengan kompetitornya di kelas yang sama.

Karena lega, beberapa kegiatan macam menonton, bermain game, hingga menelusuri (browsing) internet bisa dilakukan dengan nyaman dan puas.

Samsung tidak mengungkap berapa tingkat kecerahan (brightness) layar Galaxy M14 5G. Namun, layar ponsel ini bisa kami bilang cukup terang dengan tingkat akurasi hingga 16 juta warna.

Meski demikian, berbagai konten yang tampil di layar smartphone ini kurang begitu tampak dengan jelas apabila dilihat di bawah sinar matahari terik.

Layar Samsung Galaxy M14 5G. Samsung tidak menguak berapa tingkat kecerahan (brightness) layar ponsel ini. Namun, layar ponsel ini bisa kami bilang cukup terang dengan tingkat akurasi hingga 16 juta warna. 

Meski demikian, berbagai konten yang tampil di layar smartphone ini kurang begitu tampak dengan jelas apabila dilihat di bawah sinar matahari terik. 

Namun, pengguna bisa mengakali hal ini dengan mengalihkan layar ponsel ke arah lain, atau bergeser ke lingkungan yang agak redup atau tidak terlampau terang. 

KOMPAS.com/Bill Clinten Layar Samsung Galaxy M14 5G. Samsung tidak menguak berapa tingkat kecerahan (brightness) layar ponsel ini. Namun, layar ponsel ini bisa kami bilang cukup terang dengan tingkat akurasi hingga 16 juta warna. Meski demikian, berbagai konten yang tampil di layar smartphone ini kurang begitu tampak dengan jelas apabila dilihat di bawah sinar matahari terik. Namun, pengguna bisa mengakali hal ini dengan mengalihkan layar ponsel ke arah lain, atau bergeser ke lingkungan yang agak redup atau tidak terlampau terang.
Namun, pengguna bisa mengakali hal ini dengan mengalihkan layar ponsel ke arah lain, atau bergeser ke lingkungan yang agak redup atau tidak terlampau terang.

Masih soal desain, Galaxy M14 5G juga dihiasi dengan modul kamera "Infinity-V" yang memuat kamera selfie beresolusi 13 MP.

Baca juga: Ini Beda Samsung Galaxy A34 dan Galaxy A54

Bodi terlihat mewah

Beralih ke bagian belakang, cangkang Samsung Galaxy M14 5G bisa dibilang cukup mewah. Sebab, punggung ponsel tersebut kini mengadopsi desain kamera tanpa modul, mirip seperti tampilan kamera belakang Galaxy S23 Series.

Artinya, kamera ponsel tersebut, yang jumlahnya ada tiga buah dan disusun secara vertikal, tampak diletakkan begitu saja menempel dengan punggung ponsel.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com