Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Inc. Sudah Tak Ada Lagi, Diganti X Corp.

Kompas.com - 13/04/2023, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nama perusahaan Twitter, yang semula adalah Twitter, Inc. kini resmi berganti nama menjadi X Corp.. Hal ini diketahui berdasar dokumen pendaftaran perkara di pengadilan California, AS.

Dokumen tersebut dilampirkan Twitter dalam menanggapi gugatan yang dilayangkan seorang aktivis kepada Twitter dan Facebook pada 4 April lalu.

Karena kini Twitter menjadi perusahaan privat milik Elon Musk, alias tak lagi perusahaan publik (terbuka), maka Twitter tidak wajib mengumumkan perubahan nama PT-nya lagi kepada Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (US SEC).

Baca juga: Akun Centang Biru Asli dan Berbayar di Twitter Makin Sulit Dibedakan

"Twitter, Inc. telah dilebur ke dalam X Corp. dan keberadaannya sudah tidak ada lagi," tulis Twitter dalam dokumen tersebut, dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Kamis (13/4/2023).

Kemungkinan, langkah ini diambil Elon Musk selaku pemilik Twitter, untuk menggabungkan media sosial itu ke dalam Super App-nya.

Seperti diketahui, Elon Musk pada 2022 lalu mencuit bahwa membeli Twitter adalah langkah percepatan membuat X, aplikasi segala ada yang akan dibuatnya.

Konsep super app ini mirip WeChat yang ada di China, yang di dalamnya memiliki layanan messaging, pembayaran, pesan-antar makanan, dan ridesharing.

Namun hingga kini, Musk belum membeberkan lebih lanjut soal rencananya membuat super app pesain WeChat itu. Namun jika menilik rekam jejaknya, CEO Tesla itu memang senang membuat beberapa anak perusahaan, seperti yang dilakukan pada Tesla.

Baca juga: Ingin Transparan, Twitter Umbar Kode Sumber Perusahaan ke Publik

Saat ini, fokus Musk pada Twitter adalah untuk menambal berbagai bugs (lubang keamanan), dan bagaimana cara meraup pendapatan lewat Twitter Blue.

Untuk itu, meski Twitter Inc., kini telah berganti nama menjadi X Corp., namun nampaknya realisasi X app masih jauh panggang dari api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com