Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link dan Cara Cek Lokasi Penukaran Uang Baru di Bank serta Kas Keliling buat Lebaran 2023

Kompas.com - 13/04/2023, 13:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Jelang Lebaran 2023, masyarakat biasa melakukan penukaran uang baru dengan uang lamanya. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam Lebaran 2023 itu, Bank Indonesia (BI) telah menyediakan layanan penukaran uang baru.

Baca juga: 3 Cara Beli Tiket Bus Online dengan Mudah buat Mudik Lebaran 2023

Di tahun ini, BI telah bekerja sama dengan perbankan untuk menyediakan 5.066 titik layanan penukaran uang baru di bank yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Masyarakat bisa tukar uang baru di bank-bank itu mulai 27 Maret hingga 20 April 2023.

Selain lewat bank, layanan penukaran uang baru juga dibuka melalui kas keliling. Untuk penukaran uang baru di kas keliling, jadwalnya dimulai dari 27 Maret hingga 19 April 2023. Mobil layanan kas keliling BI bakal tersebar pula di berbagai lokasi.

Bila hendak melakukan penukaran uang baru, masyarakat bisa cek lokasinya terlebih dahulu. Lantas, bagaimana cara cek lokasi penukaran uang baru buat Lebaran 2023? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara cek lokasi penukaran uang baru buat Lebaran 2023.

Cara cek lokasi penukaran uang baru buat Lebaran 2023

Cek lokasi penukaran uang baru di kas keliling

  • Kunjungi link cek lokasi penukaran uang baru di kas keliling ini https://pintar.bi.go.id/.
  • Selanjutnya, pilih menu “Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling” yang berada di halaman awal situs.
  • Kemudian, pilih provinsi yang hendak dituju sebagai lokasi penukaran uang Rupiah baru 2022.
  • Terakhir, situs bakal menampilkan daftar lokasi penukaran uang Rupiah baru 2022 dari layanan kas keliling yang ada di provinsi tersebut, berikut dengan tanggal dan jam operasionalnya.

Cek lokasi penukaran uang baru di bank

  • Kunjungi link cek lokasi penukaran uang baru di bank ini.
  • Link tersebut berisi dokumen yang memuat informasi lokasi semua bank di berbagai wilayah yang menyediakan layanan penukaran uang baru untuk Lebaran 2023.

Demikianlah penjelasan cara cek lokasi penukaran uang baru buat Lebaran 2023. Sebagai informasi tambahan, bila hendak menukar uang di kas keliling, masyarakat bisa memesan layanannya secara online.

Untuk cara tukar uang baru di kas keliling dengan memesan layanan secara online lewat aplikasi PINTAR BI, cara dan syaratnya bisa dibaca lebih lanjut di artikel ini “Cara Tukar Uang Baru via PINTAR BI buat Lebaran 2023”.

Baca juga: 5 Aplikasi Video Call Gratis buat Jumpa Keluarga saat Belum Bisa Mudik Lebaran 2023

Kemudian, untuk diketahui pula, dalam memenuhi kebutuhan masyarakat pada saat Lebaran 2023, BI telah menyiapkan uang tunai rupiah baru dengan nominal sebesar Rp 195 triliun. Tiap orang bisa menukar uang baru dengan nominal maksimal Rp 3,8 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com