Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Film Adaptasi Game dengan Rating Tertinggi Versi Rotten Tomatoes

Kompas.com - 13/04/2023, 18:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game tidak sekadar dimainkan. Video game juga kerap diadaptasi menjadi sebuah film. Yang terbaru adalah game Mario Bross yang diangkat menjadi film dengan judul The Super Mario Bross Movie. 

Namun, sebuah film yang diadaptasi dari game kerap dipandang sebelah mata.

Bukan tanpa sebab, film berbasis game seringkali dianggap tidak dapat "menerjemahkan" interaktivitas dan gameplay dalam sebuah permainan ke layar lebar.

Tidak hanya itu, film biasanya punya durasi yang lebih pendek dibanding game sehingga seolah terberburu-buru dalam membangun karakter tokoh dan alur cerita.

Meski demikian ada pula sejumlah film adaptasi game yang mendapat respons positif.

Berikut daftar 10 film game dengan skor tertinggi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari skor terendah ke tertinggi dari situs Rotten Tomatoes, Kamis (12/4/2023).

Baca juga: Arab Saudi Gelontorkan Rp 567 Triliun untuk Jadi Pusat Industri Game

Mortal Kombat (1995)

ilustrasi Mortal Kombat 1995The Hollywood Reporter ilustrasi Mortal Kombat 1995
Gamers yang suka game adu jotos (fighting) mungkin sudah tidak asing dengan Mortal Kombat.

Game yang populer karena pertempurannya yang sangat kejam ini pertama kali diluncurkan untuk mesin arcade pada 1992 sebelum akhirnya diangkat ke layar lebar pada 1995.

Soal cerita, Mortal Kombat (1995) mengisahkan Lord Rayden yang melatih tiga seniman bela diri bernama Sonya Blade, Liu Kang, dan Johnny Cage.

Ketiga karakter ini kemudian berpartisipasi dalam turnamen antardimensi untuk mengalahkan Shang Sung, sosok yang ingin mengambil alih dunia.

Di Rotten Tomatoes, film yang disutradarai Paul W.S. Anderson ini memiliki skor kritikus 45 persen dan skor audiens 57 persen.

Rampage

Kisah persahabatan manusia dan seekor gorilla albino Kisah persahabatan manusia dan seekor gorilla albino

Kata "rusuh" mungkin sempurna untuk mendeskripsikan game Rampage.

Sebab dalam game ini, pemain berperan sebagai monster raksasa yang akan menghancurkan gedung pencakar langit sambil melindungi diri dari ancaman militer.

Tentunya, versi film dari game tersebut menghilangkan unsur interaktif karena pemain tidak lagi berperan menjadi monster.

Di dalam film Rampage, karakter utamanya adalah seorang ahli primata bernama Davis Okoye yang bekerja sama dengan insinyur genetika untuk mengakhiri kekacauan yang disebabkan gorila, serigala, dan reptil raksasa.

Film yang dibintangi Dwayne Johnson alias The Rock ini mendapatkan skor kritikus 51 persen dan skor audiens 72 persen di Rotten Tomatoes.

Para kritikus berpendapat bahwa Rampage sangat cocok untuk penonton yang menginginkan aksi beruntun tanpa harus banyak berpikir.

Baca juga: Game Sepak Bola FIFA Ganti Nama Jadi EA Sports FC

Tomb Raider

Alicia Vikander dalam Tomb Raider (2018)Warner Bros. Entertainment Inc Alicia Vikander dalam Tomb Raider (2018)
Lara Croft merupakan salah satu karakter ikonik dalam dunia game. Oleh karena itu, tidak heran jika Hollywood memiliki minat untuk menceritakan kisah Lara lewat medium film.

Seperti game-nya, Tomb Raider edisi film berkisah tentang petualangan Lara Croft. Hanya saja, dalam film ini Lara berusaha untuk mencari ayahnya yang hilang secara misterius.

Dalam perjalanannya, badai yang dahsyat menggulingkan kapal Lara sehingga ia terdampar di sebuah pulau asing. Lara pun harus bertahan hidup dari segala ancaman dan menemukan petunjuk terkait keberadaan ayahnya.

Menurut situs Rotten Tomatoes, film aksi yang dibintangi Alicia Vikander ini memperoleh skor kritikus 53 persen dan skor audiens 55 persen.

Mortal Kombat (2021)

ilustrasi film Mortal Kombat 2021NME ilustrasi film Mortal Kombat 2021
Mortal Kombat masuk dalam list ini. Bedanya, film keluaran 2021 ini sukses meraih skor yang lebih tinggi dibanding versi 1995. Film ini mendapatkan skor kritikus 54 persen dan skor audiens 86 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com