Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opera Luncurkan VPN Gratis untuk Pengguna iPhone

Kompas.com - 14/04/2023, 07:40 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Blog Opera

KOMPAS.com - Opera resmi meluncurkan layanan VPN (Virtual Private Network) gratis untuk mesin perambannya di platform iOS. Dengan fitur ini, pengguna iPhone akan mendapatkan perlindungan tambahan ketika berselancar di dunia maya.

Sebenarnya, fitur ini sudah tersedia untuk sistem operasi (OS) Android, Windows, macOS, dan Linux. Kini, layanan VPN tersebut baru disematkan pada Opera Browser versi iOS mulai April ini.

Dengan tambahan sistem operasi iOS, Opera mengeklaim menjadi browser pertama yang menghadirkan VPN bawaan gratis di semua platform utama.

"Opera menjadi perusahaan browser pertama yang menawarkan VPN built-in gratis untuk semua platform," tulis Opera lewat situs resminya.

Baca juga: Pelanggan Google One Termurah Kini Dapat Fitur VPN, Hadir di 22 Negara

"VPN ini pun simpel. Pengguna tak perlu berlangganan, tak perlu login, dan tak membutuhkan ekstensi tambahan," sambungnya.

Pembaruan mesin peramban ini baru dapat dijajal dalam tahap akses awal (early access). Sementara itu, fitur VPN gratis ini akan digelontorkan untuk semua pengguna iOS dalam beberapa minggu yang akan datang.

Berdasarkan video yang dibagikan oleh Opera, pengguna dapat menemukan VPN itu dengan membuka browser-nya terlebih dahulu di ponsel iPhone.

Kemudian, pengguna perlu mengetuk garis horizontal (hamburger line) yang terletak di bagian kanan bawah browser.

ilustrasi OperaOpera ilustrasi Opera
Berikutnya, pengguna memilih menu Settings diikuti dengan menu VPN. Dan terakhir, pengguna bisa mengetuk ikon perisai untuk mengaktifkan VPN secara cuma-cuma.

Setelah mengaktifkannya, pengguna diklaim dapat menjelajahi internet tanpa harus mengkhawatirkan privasinya.

Sebab, Opera Browser mengenkripsi lalu lintas VPN dan menyembunyikan alamat IP pengguna. Informasi pribadi dan riwayat penelusuran pengguna pun tidak akan dikumpulkan oleh Opera.

Selain fitur penyembunyian identitas, pengguna VPN Opera yang gratis juga dapat menikmati bandwidth tak terbatas, fitur perlindungan kebocoran DNS, opsi memilih lebih dari 100 pilihan server, dan opsi untuk memilih lokasi VPN yang berbeda (Amerika, Asia, Eropa).

Baca juga: Mozilla Rilis Aplikasi VPN Berlangganan

Di sisi lain, pengguna yang menginginkan fitur yang lebih baik seperti ribuan pilihan server harus berlangganan layanan Opera VPN Pro seharga Rp 62.500 per bulannya.

Dua fitur baru

Pengguna Opera Browser di iPhone tidak hanya kedapatan VPN gratis saja, tetapi juga dua fitur lainnya.

Pertama, pengguna iPhone kini bisa menggunakan Bookmarks yang memungkinkan pengaturan konten-konten favorit.

Kemudian, ada pula fitur Live Scores untuk pengguna yang gemar mengikuti pertandingan olahraga.

Dengan fitur ini, beranda browser akan diramaikan papan skor yang menampilkan jadwal dan skor pertandingan terkini.

Kedua fitur ini melengkapi deretan alat (tools) yang sudah dimiliki Opera Browser di iOS, misalnya My Flow untuk berbagi file antar-perangkat dan fitur Crypto Wallet sebagai dompet kripto, sebagaimana dikutip KompasTekno dari blog resmi Opera, Jumat (14/4/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com