Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokumen Rahasia AS tentang Perang Ukraina Bocor lewat Discord Minecraft

Kompas.com - 14/04/2023, 08:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ign.com


KOMPAS.com - Belum lama ini, dokumen-dokumen rahasia Amerika Serikat terkait perang di Ukraina, situasi di Israel, dan masih banyak lagi bocor begitu saja di media sosial Twitter serta Telegram.

Departemen Pertahanan AS, Pentagon yang panik lantas memutar otaknya dalam "pemburuan" biang kerok yang menyebabkan bocornya informasi sensitif itu.

Pada saat yang sama, situs investigatif Bellingcat menemukan bahwa kebocoran tersebut bersumber dari sejumlah server di jejaring sosial Discord, termasuk server untuk game sandbox Minecraft.

Kronologinya, sepuluh dokumen rahasia AS dibocorkan lewat server Discord bernama "Minecraft Earth Map" pada 4 Maret, sebulan sebelum informasi tersebut menjadi viral di Telegram, 4chan, dan Twitter.

Baca juga: Cara Pakai Discord di Smartphone dan PC untuk Main Game dengan Teman

Setelah perdebatan singkat dengan pengguna lainnya terkait peta Minecraft dan perang di Ukraina, salah satu pengguna menjawab "Ini, bacalah sedikit dokumen bocoran," sambil menyisipkan sepuluh dokumen tentang Ukraina, termasuk yang ditandai "Sangat Rahasia".

ilustrasi kebocoran dokumen rahasia AS dalam server Minecraft di DiscordBellingcat ilustrasi kebocoran dokumen rahasia AS dalam server Minecraft di Discord
Tujuh dokumen ini pada akhirnya muncul di 4chan dan Telegram, sedangkan tiga dokumen lainnya tidak dibagikan pada waktu itu.

Setelah penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa pengguna itu awalnya menemukan dokumen rahasia AS di server Discord penggemar YouTuber wow_mao yang memiliki lebih dari 200.000 pelanggan.

Anggota Discord server wow_mao memposting lebih dari 30 dokumen pada 1 Maret, termasuk dokumen yang ditandai "Sangat Rahasia".

Setelah berdiskusi dengan pengguna Discord lainnya di server yang berbeda, Bellingcat mendapatkan informasi bahwa dokumen rahasia itu pertama kali dibeberkan lewat server Discord bertajuk "Thug Shaker Central" pada 13 Januari.

Server ini hanya memuat 20 pengguna aktif yang memiliki minat yang sama, mulai dari game, musik, hingga kegemaran pada YouTuber bernama Oxide. Anggota dalam server ini juga rutin melemparkan hinaan dan meme yang rasis.

Ketika ditanyakan siapa dalang di balik pembocoran dokumen AS, tidak ada anggota yang ingin menjawab.

Baca juga: Kampus Ini Gelar Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru lewat Game Minecraft

Namun, pengguna dengan username "Vakhi" memastikan bahwa server Discord Thug Shaker Central ini menjadi sumber yang pertama kali membeberkan dokumen itu.

Vakhi dan kedua pengguna lainnya juga menyebutkan bahwa informasi yang disebarkan di server wow_mao masih sangat sedikit dibanding jumlah dokumen yang dibagikan di Thug Shaker Central.

Bellingcat pun menegaskan bahwa pernyataan Vakhi sulit diverifikasi dan bisa saja salah mengingat server Thug Shaker Central sudah dihapus.

Dan juga, sudah tidak ada jejak mengenai server itu kecuali sejumlah komentar dari anggota server dan pengguna forum 4chan.

Halaman:
Sumber ign.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com