Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Saldo E-Toll via Tokopedia buat Persiapan Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 15/04/2023, 03:29 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Jelang Lebaran 2023, masyarakat umumnya bakal melangsungkan perjalan mudik atau pulang ke kampung halaman. Supaya perjalanan mudik Lebaran 2023 berjalan lancar, terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu.

Baca juga: 3 Cara Beli Tiket Bus Online dengan Mudah buat Mudik Lebaran 2023

Misalnya, cek saldo e-toll. Pengguna, terutama mereka yang bakal mudik dengan kendaraan pribadi lewat jalan tol, perlu senantiasa memastikan saldo di kartu e-toll cukup sebelum melangsungkan perjalanan.

Sebagaimana umum diketahui, e-toll merupakan kartu elektronik berisi sejumlah saldo yang dipakai sebagai alat pembayaran untuk melintasi jalan tol. Jika saldo di e-toll tak cukup, pengguna tidak akan bisa melintasi jalan tol buat mudik Lebaran 2023.

Oleh karena itu, pengguna perlu cek saldo e-toll sebelum mudik Lebaran 2023. Lantas, bagaimana cara cek saldo e-toll? Cek saldo e-toll bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya lewat aplikasi Tokopedia.

Bila hendak cek saldo e-toll melalui aplikasi Tokopedia untuk persiapan mudik Lebaran 20233, silakan simak penjelasan caranya di bawah ini.

Cara cek saldo e-toll via Tokopedia

  • Buka aplikasi Tokopedia di ponsel dan pastikan telah login akun.
  • Selanjutnya, silakan plih menu “Top-Up & Tagihan” yang tertera pada halaman awal aplikasi.
  • Kemudian, pilih “Uang Elektronik” dan klik opsi “Cek Saldo”.
  • Kemudian, dekatkan kartu e-toll ke bagian NFC (Near Field Communication) yang terdapat di HP. Tunggu beberapa saat hingga kartu e-toll terbaca lewat NFC HP.
  • Setelah terbaca, informasi saldo terkini yang terdapat di e-toll bakal muncul.

Demikianlah penjelasan cara cek saldo e-toll melalui aplikasi Tokopedia, cukup mudah bukan? Penting diketahui, cara ini dapat dilakukan bila HP telah didukung dengan NFC. Bila tidak memiliki HP NFC, cek saldo e-toll masih bisa dilakukan di ATM terdekat.

Dengan melakukan cek saldo e-toll, pengguna jadi bisa memutuskan apakah harus mengisi ulang (top up) atau tidak untuk menunjang kelancaran mudik Lebaran 2023.

Seandainya jumlah saldo e-toll setelah dicek diketahui tidak terlalu mencukupi atau bahkan habis, pengguna bisa melakukan isi ulang juga lewat aplikasi Tokopedia. Cara top up saldo e-toll di Tokopedia dapat dilakukan pula melalui opsi “Uang Elektronik”.

Baca juga: 5 Aplikasi Video Call Gratis buat Jumpa Keluarga saat Belum Bisa Mudik Lebaran 2023

Jika hendak mengisi ulang saldo, di opsi itu, silakan masukkan nomor e-toll yang tertera di kartu fisik. Kemudian, pilih saldo untuk isi ulang dengan nominal minimal Rp 10.000 hingga maksimal Rp 1.000.000. Lalu, lakukan pembayaran sesuai metode yang tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com