Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Top Up E-Toll via Tokopedia buat Perjalanan Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 15/04/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara top up e-toll perlu diketahui pengguna sebelum melangsungkan mudik Lebaran 2023, terutama bagi mereka yang memutuskan untuk melangsungkan perjalanan melalui jalur darat via tol.

Sebagaimana umum diketahui, e-toll sendiri merupakan kartu elektronik yang berfungsi sebagai alat pembayaran ketika hendak melintasi jalan tol. Untuk bisa membayar, saldo di dalam e-toll harus mencukupi.

Baca juga: 3 Cara Beli Tiket Bus Online dengan Mudah buat Mudik Lebaran 2023

Bila habis, saldo e-toll dapat diisi ulang atau top up. Lantas, bagaimana cara top up e-toll? Top up e-toll bisa dilakukan melalui berbagai cara, termasuk lewat marketplace. Lalu, apakah bisa top up e-toll di Tokopedia?

Beruntungnya, top up e-toll bisa dilakukan di Tokopedia. Pengguna yang hendak mudik Lebaran 2023 dapat melakukan top up e-toll di Tokopedia untuk berbagai jenis kartu, seperti kartu Mandiri e-Money, BRI Brizzi, dan BNI Tapcash.

Bila hendak melakukan isi ulang saldo, berikut adalah penjelasan cara top up e-toll di Tokopedia buat menunjang perjalanan mudik Lebaran 2023.

Cara top up e-toll via Tokopedia

  • Buka aplikasi Tokopedia di ponsel dan pastikan telah login akun.
  • Selanjutnya, silakan plih menu “Top-Up & Tagihan” yang tertera pada halaman awal aplikasi. Lalu, pilih opsi "Uang Elektronik".
  • Kemudian, masukkan nomor e-toll yang tertera di kartu fisik.
  • Pilih nominal saldo untuk isi ulang. Pengguna bisa memilih nominal saldo minimal Rp 10.000 hingga maksimal Rp 1.000.000.
  • Klik “Bayar” dan pilih metode pembayaran yang tersedia.
  • Lakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih.
  • Pengguna bakal mendapatkan notifikasi apabila pembayaran telah berhasil dilakukan.

Cukup mudah bukan cara top up e-toll via Tokopedia? Sebagai informasi tambahan, setelah melakukan top up e-toll via Tokopedia, pengguna bisa melakukan update atau cek saldo. Untuk cek saldo e-toll, caranya juga bisa dilakukan di Tokopedia.

Bila hendak cek saldo e-toll di Tokopedia, pengguna dapat mengakses opsi “Uang Elektronik”, lalu klik opsi “Cek Saldo”. Kemudian, dekatkan kartu e-toll ke bagian NFC (Near Field Communication) yang terdapat di HP dan informasi saldo terkini bakal muncul.

Baca juga: 5 Aplikasi Video Call Gratis buat Jumpa Keluarga saat Belum Bisa Mudik Lebaran 2023

Jika tidak memiliki HP dengan dukungan NFC, pengguna juga bisa cek saldo e-toll melalui mesin ATM terdekat. Demikianlah penjelasan seputar cara top up saldo e-toll melalui Tokopedia untuk persiapan mudik Lebaran 2023, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com