Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Saldo E-Toll via Shopee buat Persiapan Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 16/04/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Masyarakat tampaknya kini sudah mulai disibukkan dengan persiapan mudik atau pulang kampung untuk merayakan Lebaran 2023 bersama keluarga. Supaya mudik Lebaran 2023 lancar, terdapat beberapa hal yang kiranya perlu dipersiapkan.

Hal tersebut, contohnya cek saldo e-toll. Pengguna, terutama mereka yang hendak melintasi jalan tol untuk mudik Lebaran 2023 dengan kendaraan pribadi, perlu senantiasa cek saldo e-toll dulu sebelum berangkat.

Baca juga: Tilang Elektronik ETLE Tetap Berlaku Selama Lebaran 2023, Ini Cara Cek Lokasi Kameranya

Sebagaimana umum diketahui, e-toll sendiri merupakan kartu elektronik berisi saldo yang berfungsi sebagai alat pembayaran ketika melintasi jalan tol. Jika saldo di dalamnya tak cukup maka pengguna tidak akan bisa melintasi jalan tol saat mudik nanti.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dulu apakah saldo di dalam kartu e-toll masih mencukupi atau tidak, sehingga nanti bisa mudik lewat jalan tol dengan lancar. Lantas, bagaimana cara cek saldo e-toll untuk persiapan mudik Lebaran 2023?

Cek saldo e-toll bisa dilakukan lewat berbagai cara, salah satunya melalui aplikasi martketplace Shopee di handphone (HP). Jika ingin cek saldo e-toll lewat aplikasi Shopee, berikut adalah penjelasan caranya.

Cara cek saldo e-toll via Shopee

  • Buka aplikasi Shopee di HP dan pastikan telah login akun.
  • Kemudian, pilih menu “Pulsa, Tagihan, & Tiket”.
  • Setelah itu, pada kolom “Isi Ulang”, silakan pilih opsi “Uang Elektronik”.
  • Klik opsi “Update” untuk cek saldo e-toll terkini.
  • Pilih jenis kartu e-toll yang hendak dicek saldonya, bisa E-Money Mandiri, Brizzi BRI, atau Tapcash BNI.
  • Letakkan atau tempelkan kartu e-toll ke bagian NFC (Near Field Communication) yang terdapat di HP, biasanya terletak di cover belakang.
  • Setelah NFC HP selesai memindai kartu e-toll, informasi saldo terkini yang ada di dalamnya bakal ditampilkan pada aplikasi Shopee.

Itulah cara cek saldo e-toll melalui aplikasi Shopee, cukup mudah bukan? Sebagai informasi tambahan, cara cek saldo e-toll via Shopee hanya bisa dilakukan di HP Android yang memiliki NFC.

Sedangkan untuk iPhone yang telah mendukung NFC, pengguna bisa memeriksa saldo e-toll lewat Tokopedia di opsi “Uang Elektronik pada menu ““Top-Up & Tagihan”. Jika tak memiliki HP NFC, cek saldo e-toll masih bisa dilakukan di mesin ATM terdekat.

Dengan mengetahui jumlah saldo yang tersisa di kartu e-toll, pengguna dapat memperkirakan apakah harus mengisi ulang atau tidak. Jadi, jika setelah dicek ternyata saldo e-toll tidak mencukupi, pengguna dapat melakukan isi ulang.

Untuk isi ulang saldo e-toll, caranya bisa dilakukan lewat aplikasi Shopee juga. Bila ingin isi ulang saldo e-toll di Shopee, pengguna dapat mengakses opsi “Uang Elektronik” yang tersemat pada menu “Pulsa, Tagihan, & Tiket”.

Baca juga: 3 Cara Beli Tiket Bus Online dengan Mudah buat Mudik Lebaran 2023

Kemudian, pilih jenis kartu e-toll dan masukkan nomornya. Setelah itu, pilih nominal saldo untuk isi ulang. Terakhir, silakan bayar pembelian saldo sesuai dengan metode yang tersedia. Bila pembayaran berhasil, saldo bakal ditambahkan ke e-toll pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com