Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Music Kini Punya Fitur untuk Karaoke

Kompas.com - 17/04/2023, 07:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - YouTube dilaporkan merilis fitur lirik lagu "real time" di layanan YouTube Music untuk pengguna Android dan iOS.

Dengan fitur lirik lagu real time ini, pengguna bisa berkaraoke karena lirik lagu ditampilkan secara dinamis. Sistem bakal memberi panduan otomatis kepada pengguna, bagian lirik lagu mana yang sedang dinyanyikan.

Fitur ini akan sangat membantu pengguna belajar lagu baru atau bernyanyi tanpa takut lupa lirik.

Informasi fitur lirik real time di YouTube Music ini diketahui pertama kali oleh sejumlah pengguna di situs forum online, Reddit. Beberapa dari mereka mengatakan bahwa fitur tersebut sudah hadir untuk pengguna Android versi 5.51.50 dan iOS.

Baca juga: Pengguna Apple Music Kini Bisa Putar Lagu Sambil Karaoke

Cara kerjanya mirip seperti sedang berkaraoke. Lirik yang sedang dinyanyikan saat itu akan disorot dan diberi warna putih yang lebih tegas dari lirik yang belum dinyanyikan. Lewat perbedaan warna tersebut, pengguna bisa lebih mudah mengikuti ketukan musik.

(Kiri-kanan) Perbandingan tampilan fitur lirik YouTube Music yang versi statis dengan versi dinamisGSM Arena (Kiri-kanan) Perbandingan tampilan fitur lirik YouTube Music yang versi statis dengan versi dinamis

Selain itu, jika lagu masih melakukan intro di bagian awal atau perpindahan bait lagu, terdapat simbol notasi musik yang mengindikasikan bahwa lagu masih di bagian intro. Simbol tersebut menunjukkan pengguna bisa mengambil jeda sejenak.

Fitur lirik sendiri pada dasarnya sudah ada di YouTube Music sebelumnya. Hanya saja, lirik yang ditampilkan sifatnya statis dan tulisannya jauh lebih kecil ketimbang lirik “real-time” terbaru YouTube Music.

Ketika musik diputar, lirik tidak menunjukkan bagian lagu mana yang sedang dinyanyikan. Pengguna juga harus menggulir layar secara manual untuk membaca keseluruhan lirik lagu. Berikut adalah contoh perbandingan antara fitur lirik versi lama dan lirik “real-time” terbaru.

Baca juga: Begini Cara Karaoke-an Online dengan Teman Lewat Watch2Gether

Berbeda dengan “real-time” lirik, fitur tersebut menampilkan lebih banyak animasi dan tanda tertentu untuk menunjukkan kapan pengguna harus bernyanyi atau mengambil jeda.

Sementara itu, lirik versi lama membuat pengguna harus memperhatikan dan mengikuti lagu dari awal sampai akhir. Jika tidak, pengguna yang baru belajar lagu kemungkinan akan kesulitan untuk mengetahui bagian bait atau lirik mana yang sedang dinyanyikan, atau sebagainya.

Kebaruan fitur yang ditawarkan YouTube Music ini bukanlah sesuatu yang baru. Aplikasi streaming musik alir lainnya seperti Spotify dan Apple Music sudah lebih dulu datang dengan fitur yang serupa. Jadi, bisa dikatakan bahwa YouTube Music “sedikit” ketinggalan.

Melansir GSM Arena, dikutip KompasTekno, Senin (17/4/2023), Google bermitra dengan penyedia data lirik dan metadata musik seluruh dunia, MusixMatch untuk mengembangkan fitur “real-time” lirik pada tahun lalu.

Akan tetapi, beberapa lirik yang ditampilkan secara langsung juga ada yang didukung oleh penyedia data lirik lain, LyricFind.

Pantauan KompasTekno, fitur lirik lagu ala karaoke di YouTube Music masih belum tersedia di Indonesia. Kemungkinan Google menggelontorkan fitur tersebut secara bertahap.

Bagi pengguna yang belum kebagian, jangan berkecil hati, mohon bersabar dan menunggu. Alternatif yang bisa dilakukan adalah melakukan pembaruan (update) aplikasi ke versi yang paling baru di toko aplikasi resmi Google PlayStore ataupun Apple App Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com