Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DJI Inspire 3 Meluncur, Drone Sinematik dengan Sensor Kamera Full-frame 8K

Kompas.com - 17/04/2023, 10:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - DJI merilis drone profesional terbarunya, Inspire 3. Drone FPV (first person view) ini ditujukan bagi para sineas alias pembuat film yang ingin mendapatkan hasil film dengan kualitas gambar yang bagus serta sinematik yang apik.

Pasalnya, salah satu keunggulan yang dibawa drone DJI Inspire 3 ini adalah kamera gimbal dengan sensor full-frame Zenmuse X9-8K Air. Kamera gimbal itu disebut-sebut sebagai yang paling ringan yang pernah ada.

Seperti namanya, kamera gimbal Zenmuse X9-8K mendukung perekaman video internal dengan codec CinemaDNG hingga 8K/25fps serta Apple ProRes 8K/75fps Video RAW. Kamera gimbal ini juga dilengkapi sistem pemrosesan gambar DJI terbaru, CineCore 3.0.

Dengan dukungan tersebut, drone DJI Inspire 3 ini disebut bakal memenuhi kebutuhan produksi film dan televisi yang apik.

Baca juga: Drone Seukuran Telapak Tangan DJI Mini 2 SE Bisa Dibeli di Indonesia

Dalam mode slow and quick (S&Q), X9-8K Air mendukung perekaman internal hingga video full-frame 4K/120fps ProRes RAW tanpa pemotongan (cropping). Sehingga memberikan opsi pengeditan yang lebih kreatif.

Kamera gimbal full-frame X9-8K Air mendukung dua ISO bawaan. Pada perekaman dengan frame rate 30fps dan di bawahnya, kamera gimbal itu menawarkan exposure index (EI) 800/4000.

Di atas 30fps, kamera gimbal mendukung EI 320/1600. Exposure index ini bakal memberikan hasil rekaman yang jernih dan detail, khususnya ketika perekaman di kondisi cahaya redup alias low-light.

Untuk dynamic range (rentang dinamis), kamera gimbal X9-8K Air mendukung 14+ stop. Dengan angka tersebut, kamera disebut mampu menangkap detail cahaya terang dan bayangan dalam skenario pencahayaan kompleks seperti matahari terbit dan terbenam.

Kisaran angka rentang dinamis yang tinggi ini juga membuat sineas bisa mempertahankan warna asli bahkan setelah penyesuaian pencahayaan yang signifikan.

Selain kamera gimbal bawaan, DJI Inspire 3 ini juga memiliki mounting DL milik DJI untuk lensa kamera tambahan.

Kamera gimbal X9-8K Air kompatibel dengan lensa ultra-wide 18 mm (f/2.8) dan lensa telefoto 8K baru yang dibuat khusus untuk sinematografi udara. Bisa juga denganlensa full-frame 24mm, 35mm, dan 50mm.

Baca juga: Koreo Drone Saat Pesta Kembang Api Malam Tahun Baru Pecahkan Rekor

Untuk daya, drone DJI Inspire 3 ini memiliki waktu penerbangan hingga 28 menit dengan dua baterai TB51. Kecepatan terbangnya mencapai 94km/jam.

Drone ini memiliki jangkauan transmisi 15 km dengan satu pengontrol dan 12 km dalam mode dual-control (pilot + gimbal control).

Drone DJI Inspire 3 hadir dengan pengontrol DJI RC Plus dengan layar 7 inci 1200 nits dan waktu pengoperasian 3,3 jam.DJI Drone DJI Inspire 3 hadir dengan pengontrol DJI RC Plus dengan layar 7 inci 1200 nits dan waktu pengoperasian 3,3 jam.
Inspire 3 hadir dengan pengontrol DJI RC Plus dengan layar 7 inci 1200 nits dan waktu pengoperasian 3,3 jam.

Sistem penerbangan DJI Inspire 3 ini telah diperbarui dengan opsi Waypoint Pro baru, termasuk rute berulang yang memungkinkan pilot menerbangkan drone dalam pola yang tepat dan rute berkali-kali untuk menangkap waktu yang sama beberapa kali atau pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Ada juga Dolly 3D dapat mensimulasikan crane, cable cam, atau dolly untuk meniru gerakan kamera terpasang tradisional. Kamera dapat melakukan ini dengan sistem pemosisian RTK presisi tinggi baru dan 3 GNSS terintegrasi (GPS + Galileo + BeiDou).

Adapun harga DJI Inspire 3 dipatok 16.499 dollar AS atau sekitar Rp 244,5 juta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Senin (17/4/2023).

Dengan harga tersebut, konsumen bakal mendapatkan kelengkapan DJI Inspire 3 Aircraft, Zenmuse X9-8K Air Gimbal Camera, RC Plus remote controller, 6x TB51 Intelligent Battery, Charging Hub, PROSSD 1TB, Trolley Case, 3x Foldable Quick-Release Propellers (Pair), Lens Carrying Box, RC Plus Tali, dan banyak lagi. Harga belum termasuk lensa tambahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com