Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi 13 Ultra Punya "Hand Grip" Mirip Kamera Digital?

Kompas.com - 17/04/2023, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Smartphone kelas atas terbaru Xiaomi, Xiaomi 13 Ultra dipastikan bakal meluncur pada 18 April. Menjelang peluncurannya, sejumlah bocoran mengenai perangkat tersebut semakin banyak beredar di dunia maya.

Xiaomi 13 Ultra digadang menjadi perangkat kamera profesional, bukan sekadar smartphone flagship dengan sensor besar. Nah, untuk lebih menonjolkan keunggulannya itu, Xiaomi merilis sebuah poster yang menampilkan wujud Xiaomi 13 Ultra.

Akan tetapi, gambar tersebut lebih mirip dengan kamera digital, bukan smartphone sebagaimana umumnya.

Baca juga: 15 HP Xiaomi Harga Rp 1 Juta - Rp 3 Jutaan untuk Lebaran 2023

Menurut rumor yang beredar, bodi yang mirip dengan kamera digital itu adalah sebuah casing dengan permukaan berbahan kulit.

Gambar poster itu tampak didominasi warna gelap sehingga tidak begitu tampak detail lain. Namun, saat brightness (tingkat kecerahan) dalam gambar poster ditingkatkan, casing itu tampak bewarna hijau. Berikut adalah poster gambar yang sudah di-edit.

(Kiri-kanan) Poster yang diunggah oleh Xiaomi di platfrom microblogging China, Weibo dan poster Xiaomi 13 Ultra yang sudah ditingkatkan kecerahan (brightness)-nyaGSM Arena (Kiri-kanan) Poster yang diunggah oleh Xiaomi di platfrom microblogging China, Weibo dan poster Xiaomi 13 Ultra yang sudah ditingkatkan kecerahan (brightness)-nya

Bagian belakang kamera terdapat cincin berwarna silver. Tampaknya cincin tersebut digunakan untuk menampung kamera belakang Xiaomi. Menurut rumor, cincin tersebut tidak hanya sekedar cincin, tetapi bakal dibekali adaptor filter.

Dikarenakan Xiaomi disebut sempat berencana menghadirkan aksesoris tambahan bernama "adaptor filter 67 mm".

Konon, adapter filter yang digunakan adalah filter Leica E67 UVa II. Bagi yang belum tahu, adaptor filter umumnya untuk melindungi lensa kamera profesional, seperti DSLR (Digital Single Lense Reflex) atau mirrorless dari debu dan paparan sinar matahari secara langsung.

Kemudian, di sisi sebelah kiri terdapat hand grip yang disertai tombol kecil di bagian atasnya. Kehadiran dari hand grip tersebut tampaknya bertujuan untuk membuat pengguna "seolah" menggunakan kamera digital saat ingin membidik atau merekam gambar.

Baca juga: Bocoran Tampang Xiaomi 13 Ultra, Punya Bezel Tipis dan Lingkaran Besar di Punggung

Perlu dicatat bahwa wujud perangkat yang ditampilkan di poster bukanlah wujud asli dari bodi Xiaomi 13 Ultra. Gambar di atas hanya memperkenalkan bahwa Xiaomi bakal menghadirkan aksesoris tambahan baru, alias casing HP agar Xiaomi 13 Ultra tampak seperti kamera digital.

CEO Xiaomi Lei Jun sendiri mengungkapkan kehadiran aksesoris tersebut memang ditujukan untuk membuat Xiaomi 13 Ultra tampak seperti kamera. Penambahan hand grip di sisi kiri dan tombol kecil di bagian atas memang identik dengan bodi kamera digital kebanyakan.

Ide penambahan aksesoris ini kemungkinan terinspirasi dari Xiaomi 12S Ultra Consept. Ponsel konsep tersebut memiliki modul kamera yang dimodifikasi sehingga dapat menampung lensa kamera eksternal dari Lensa, khususnya lensa Leica seri M yang dikenal sebagai lensa kompak.

Meskipun kali ini Xiaomi 13 Ultra tidak mengadopsi teknologi yang serupa, yakni lensa kamera yang bisa dilepas-pasang, perangkat baru itu konon dibekali spesifikasi kamera yang cukup mumpuni.

Jun sempat mengirimkan twit di Twitter (handles @leijun) dan mengumbar bahwa Xiaomi 13 Ultra datang dengan kamera yang dirancang oleh Leica.

Walau tidak dirinci kemampuan dari lensa Summicron yang dipakai, di laman resmi Lenca, Summicron adalah lensa spherical 50 mm yang diklaim dapat menghasilkan gambar dengan sudut pandang lebar dan kontras warna yang tajam.

Baca juga: Aplikasi Bloatware di HP Xiaomi Bakal Makin Banyak?

Halaman:
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com