Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Negara Ini Siap Blokir Total TikTok | Xiaomi Dituding Sponsori Agresi Militer Rusia ke Ukraina

Kompas.com - 18/04/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - TikTok semakin terdesak di Amerika Serikat (AS). Pasalnya, salah satu negara bagian di AS, bersiap memblokir TikTok secara total, bukan hanya perangkat tertentu saja.
Kabar ini menjadi salah satu berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Selain itu, peluncuran ponsel menengah Oppo yang dibekali RAM 12 GB juga menjadi berita teknologi populer lainnya. Ponsel tersebut adalah Oppo A1 5G yang dibekali RAM 12 GB serta storage 256 GB.

Meskipun dibekali RAM jumbo, Oppo A1 5G dijual dengan harga menengah, yakni Rp 4 jutaan di China.

Berita teknologi lain yang tak kalah populer adalah soal pemerintah Ukraina yang memasukkan Xiaomi ke dalam daftar sponsor agresi militer Rusia ke negaranya.

Ukraina mengeklaim punya dua alasan kuat, mengapa mereka menuding Xiaomi mendanai agresi militer yang sudah berlangsung beberapa tahun terakhir itu. Selengkapnya bisa disimak di rangkuman berita teknologi populer di kanal KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] Winamp Versi Baru Dirilis, Tampilan Lebih Modern | AI Bisa Bobol Password dalam Hitungan Detik

Negara ini siap blokir total TikTok

Lebih dari 30 negara bagian di AS membatasi akses TikTok di ponsel yang digunakan staf pemerintah. Salah satunya adalah negara bagian Montana.

Namun, negara ini tampaknya ingin memblokir TikTok sepenuhnya di wilayahnya. Artinya, seluruh ponsel penduduk montana, dilarang menginstal TikTok.

Hal itu menyusul keputusan legislatif Montana mengesahkan rancangan undang-undang yang mewajibkan toko aplikasi memblokir aplikasi TikTok di Montana. Rencana pemblokiran TikTok di Montana selengkapnya bisa disimak di artikel "Negara Bagian di AS Ancang-ancang Blokir Total TikTok".

Oppo A1 5G meluncur dengan RAM 12 GB

Oppo meluncurkan smartphone terbarunya bernama Oppo A1 5G di China. Dari segi tampang, ponsel ini mirip dengan smartphone Oppo Reno8 T series yang dipasarkan di Indonesia mulai Februari 2023.

Salah satu fitur unggulan yang dibawa ponsel ini adalah RAM jumbo 12 GB. Biasanya, kapasitas RAM 12 GB hadir di model ponsel kelas atas alias flagship. Namun, Oppo menghadirkan ponsel kelas menengah (mid-range) Oppo A1 hanya dengan satu kombinasi RAM dan penyimpanan yang besar, yaitu 12/256 GB.

Dengan kapasitas RAM yang besar itu, secara teori, ponsel bisa digunakan secara leluasa untuk membuka banyak aplikasi dan melakukan multitasking.

Ponsel ini dijual dengan harga 1.999 yuan atau sekitar Rp 4,2 juta. Bagaimana spesifikasinya?
Simak selengkapnya di artikel "Oppo A1 5G Resmi Meluncur, Ponsel Menengah dengan RAM 12 GB".

Xiaomi 13 Ultra segera dirilis, intip bocoran desainnya

Xiaomi 13 Ultra bakal dirilis 18 April. Jelang perilisannya, sejumlah bocoran beredar di dunia maya. Salah satunya adalah bocoran desain yang diumbar oleh pembocor gadget kenamaan, OnLeaks.

Dari bocoran tersebut, Xiaomi 13 Ultra tampak hadir dengan desain layar yang terbilang luas dan memiliki bezel (bingkai layar) yang sangat tipis di keempat sisinya.

Layar tersebut juga terlihat mengadopsi model melengkung (curved screen) di bagian kanan dan kirinya. Di bagian tengah atas, Xiaomi 13 Ultra disinyalir memiliki poni berjenis punch hole sebagai “rumah” dari kamera depan (selfie).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com