Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Link CCTV Lalu Lintas buat Pantau Macet secara "Live" Saat Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 18/04/2023, 10:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Kemacetan lalu lintas di beberapa ruas jalan biasanya bakal terjadi menjelang mudik Lebaran 2023. Kemacetan saat mudik Lebaran 2023 itu salah satunya bisa ditimbulkan karena jumlah volume kendaraan di jalan yang meningkat.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah memprediksi total pemudik tahun ini bisa mencapai 123,8 juta orang. Dengan demikian, supaya dapat meminimalisasi terjebak dalam kemacetan, pemudik atau pengguna bisa memantau terus kondisi lalu lintas terkini.

Baca juga: Link dan Cara Cek Lokasi Penukaran Uang Baru di Bank serta Kas Keliling buat Lebaran 2023

Untuk memantau kemacetan saat mudik Lebaran 2023, pengguna bisa memanfaatkan situs web dan aplikasi dengan layanan live streaming dari kamera CCTV lalu lintas yang terpasang di sejumlah titik pada beberapa ruas jalan.

Dengan layanan tersebut, pemudik bisa melihat kondisi lalu lintas terkini secara langsung (live) lewat layar ponsel. Bila tertarik untuk menggunakannya, berikut adalah daftar link CCTV lalu lintas buat pantau kemacetan mudik Lebaran 2023.

Link CCTV lalu lintas buat pantau kemacetan mudik Lebaran 2023

1. CCTV live streaming RTTMC

ilustrasi website RTTMC Kemenhubrttmc.dephub.go.id ilustrasi website RTTMC Kemenhub

Layanan CCTV live streaming untuk pantau lalu lintas bisa diakses melalui situs web Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) dari Kementerian Perhubungan. Di situs web ini, pengguna bisa memantau kemacetan secara live dari kamera CCTV di beberapa ruas jalan.

RTTMC menyediakan tayangan CCTV lalu lintas di lebih dari 30 lokasi yang menjadi titik rawan kemacetan. Tayangan CCTV RTTMC itu salah satunya tersedia untuk memantau lalu lintas di jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Jika ingin menggunakan situs web RTTMC untuk memantau kemacetan, pengguna bisa mengunjungi link CCTV lalu lintas ini http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv.

2. CCTV live streaming ATCS Dishub

Ilustrasi tayangan CCTV di website ATCS Dishub kota Bandungatcs-dishub.bandung.go.id Ilustrasi tayangan CCTV di website ATCS Dishub kota Bandung

Cara melihat kemacetan lalu lintas saat mudik Lebaran 2023 juga bisa dilakukan menggunakan situs web Area Traffic Control System (ATCS) dari Dinas Perhubungan (Dishub) pada kota atau kabupaten tertentu.

Tayangan CCTV yang tersedia di situs web ATCS Dishub terbatas pada ruas jalan yang ada di satu kota atau kabupaten saja. Tiap kota atau kabupaten biasanya memiliki alamat situs web ATCS Dishub yang berbeda-beda.

Misalnya, link CCTV lalu lintas ATCS Dishub Kota Bandung bisa diakses di http://atcs-dishub.bandung.go.id/. Sementara itu, link CCTV lalu lintas ATCS Dishub Yogyakarta adalah https://dishub.jogjaprov.go.id/atcs-diy.

3. CCTV live streaming Lewatmana.com

Ilustrasi tayangan CCTV di website Lewatmana.comLewatmana.com Ilustrasi tayangan CCTV di website Lewatmana.com

Layanan CCTV live streaming untuk pantau lalu lintas bisa diakses juga melalui situs web Lewatmana.com. Situs web ini memiliki tayangan CCTV lalu lintas di beberapa ruas jalan di wilayah DKI Jakarta, Bandung, Depok, dan Surabaya.

Namun, untuk saat ini, tampaknya layanan live streaming CCTV dari Lewatmana.com hanya dapat menyajikan kondisi lalu lintas di wilayah DKI Jakarta. Sementara itu, pada tiga wilayah lainnya, tertulis bahwa layanan live streaming sedang offline.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com