Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menghemat Kuota Internet Selama Perjalanan Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 18/04/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Mengakses internet di handphone (HP) untuk mendengarkan lagu, menonton film, atau bermain game online, bisa menjadi cara untuk mengusir penat di tengah lamanya perjalanan mudik Lebaran 2023.

Akan tetapi, bila dipakai mengakses layanan internet secara terus-menerus, kuota data bisa menjadi cepat habis. Anda mungkin bakal kerepotan bila kehabisan kuota internet di tengah perjalanan mudik Lebaran 2023.

Baca juga: Tilang Elektronik ETLE Tetap Berlaku Selama Lebaran 2023, Ini Cara Cek Lokasi Kameranya

Saat kuota habis, Anda mungkin jadi tidak bisa mengakses layanan internet di HP untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan penting selama mudik Lebaran 2023, misal transfer uang, menghubungi keluarga di aplikasi, atau mengakses peta.

Oleh karena itu, supaya tak cepat habis, Anda perlu untuk mengetahui cara menghemat kuota internet. Lantas, bagaimana cara menghemat kuota internet selama perjalanan mudik Lebaran 2023?

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno sajikan beberapa tips yang dapat diilakukan untuk menghemat kuota internet di HP agar tak cepat habis di tengah perjalanan mudik Lebaran 2023.

Cara menghemat kuota internet selama mudik Lebaran 2023

1. Nonaktifkan fitur pengunduhan file otomatis

Beberapa aplikasi media sosial biasanya memiliki fitur pengunduhan file otomatis, misalnya WhatsApp. Dengan mengaktifkan fitur ini, WhatsApp secara otomatis bakal mengunduh semua file, baik itu gambar maupun video, yang terkirim di ruang obrolan.

Pengunduhan file otomatis itu tanpa disadari bisa mengonsumsi kuota internet, padahal tidak semua file terkirim itu penting untuk diunduh. Sebab itu, matikan pengunduhan file otomatis yang terdapat di aplikasi media sosial.

Misalnya, Anda bisa mematikan pengunduhan file otomatis di WhatsApp dengan cara klik menu “Pengaturan”, lalu klik opsi “Penyimpanan dan Data”. Selanjutnya, silakan nonaktifkan fitur pengunduhan file otomatis.

2. Nonaktifkan fitur pembaruan aplikasi otomatis

Pembaruan versi aplikasi juga bisa mengonsumsi kuota dalam jumlah yang cukup besar, kadang bisa mencapai 100 MB lebih. Jika pembaruan dilakukan menggunakan jaringan seluler maka kuota internet bakal bisa cepat habis.

Untuk itu, Anda perlu mematikan pembaruan aplikasi otomatis dengan jaringan seluler. Tiap HP memiliki cara yang berbeda-beda untuk mematikan pembaruan aplikasi otomatis dengan jaringan seluler.

Baca juga: 5 Aplikasi Video Call Gratis buat Jumpa Keluarga saat Belum Bisa Mudik Lebaran 2023

Misalnya, di iPhone, pembaruan aplikasi otomatis lewat jaringan seluler bisa dimatikan dengan cara, mengakses menu “Pengaturan”. Kemudian, pilih opsi “App Store” dan nonaktifkan opsi “Pengunduhan Otomatis” di kolom “Data Seluler”.

3. Hindari melakukan pencadangan file

Cara menghemat kuota internet selama perjalanan mudik Lebaran 2023 yang ketiga adalah tidak melakukan pencadangan (back up) file dengan jaringan seluler di platform Cloud seperti seperti iCloud atau Google Drive.

Proses pencadangan file bisa mengonsumsi kuota internet dengan jumlah yang cukup banyak. Semakin banyak file yang dicadangkan maka semakin banyak pula kuota internet yang dikonsumsi.

4. Batasi streaming video

Platform streaming video seperti YouTube juga bisa menghabiskan cukup banyak kuota. Dikutip dari Makeuseof, streaming video beresolusi HD dalam satu jam bisa menghabiskan kuota internet hingga 2 GB.

Dengan demikian, bila ingin menghemat kuota internet, hindari akses platform streaming video secara berlebihan. Anda juga perlu memperhatikan beberapa aplikasi lain yang sekiranya telah mengonsumsi kuota paket data internet dalam jumlah yang besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com