Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Android 13 Kalah Populer Dibanding Versi Lawas | 25 iPhone Bekas Harga Rp 10 Juta ke Atas

Kompas.com - 19/04/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Adopsi Android 13 rupanya masih belum semasif sistem operasi (OS) versi pendahulunya. Meskipun terus meningkat, namun Android 13 masih kalah populer dibanding Android 11, yang bahkan dirilis tahun 2020 lalu.

Berita ini menjadi salah satu artikel teknologi terpopuler di kanal KompasTekno.

Selain soal adopsi Adnroid 13, berita lain yang cukup banyak dibaca adalah 25 iPhone bekas harga Rp 10 jutaan ke atas. Menjelang Lebaran 2023, banyak orang yang tak cuma berburu baju baru, namun juga HP baru.

Masih soal Lebaran, artikel lain yang juga banyak dibaca adalah soal tautan CCTV lalu lintas yang bisa dimanfaatkan para pemudik. Pemudik bisa mengakses CCTV tersebut secara real time untuk memantau arus lalu lintas.

Berikut rangkuman berita teknologi terpopuler di kanal KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] Negara Ini Siap Blokir Total TikTok | Xiaomi Dituding Sponsori Agresi Militer Rusia ke Ukraina

Android lawas lebih populer dibanding Android 13

Google telah meluncurkan sistem operasi (OS) mobile terbarunya, Android 13, pada Agustus 2022. Berselang tujuh bulan kemudian, adopsi Android 13 kian meningkat.

Tetapi popularitas Android 13 masih kalah dari OS Android lawas, yaitu Android 11, yang notabene adalah dua generasi sebelumnya. Setidaknya itulah hasil temuan riset Android Studio, yakni alat khusus bagi developer untuk membuat aplikasi.

Menurut data distribusi penggunaan OS Android edisi April 2023, ada 12,1 persen perangkat yang saat ini menjalankan sistem operasi Android 13.

Angka ini merupakan peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan jumlah adopsi Android 13 per Januari 2023, yakni 5,0 persen perangkat.

Meskipun mengalami kenaikan, jumlah tersebut masih rendah ketimbang Android 11 yang diluncurkan tahun 2020 lalu. Sebab, Android 11 merupakan OS Android yang paling "populer" dengan jumlah adopsi sebesar 23,5 persen.

Distribusi adopsi beberapa versi Android selengkapnya bisa disimak di artikel "OS Android Lawas Ini Lebih Populer ketimbang Android 13".

25 iPhone bekas harga Rp 10 juta ke atas

Mau ganti HP baru untuk Lebaran 2023? Tak perlu selalu beli HP yang "brand new".
HP bekas, seperti iPhone second juga bisa jadi pilihan.

Dibanding iPhone baru, iPhone bekas punya kelebihan yakni harganya yang lebih terjangkau. Di pasaran, terdapat berbagai macam model iPhone bekas yang dijual dengan harga bervariasi, termasuk ada yang di rentang harga mulai Rp 10 jutaan ke atas.

Untuk model iPhone bekas harga Rp 10 jutaan, contohnya seperti iPhone 11 Pro memori 256 GB. Daftar iPhone bekas harga Rp 10 juta ke atas bisa disimak di artikel "25 iPhone Bekas Harga Mulai Rp 10 Jutaan buat Lebaran 2023, Ada iPhone 11 Pro hingga iPhone 13".

5 Link CCTV lalu lintas untuk pantau mudik Lebaran 2023

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemudik Lebaran 2023 bisa memantau arus lalu lintas selama mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com