Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Cek Tarif Tol Online buat Persiapan Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 19/04/2023, 08:03 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara cek tarif tol penting buat diketahui, terutama bagi pengguna yang hendak mudik Lebaran 2023 dengan kendaraan pribadi dan melintasi jalan tol. Lantas, di mana cek tarif tol bisa dilakukan? Cek tarif tol kini dapat dilakukan secara online.

Baca juga: Link dan Cara Cek Lokasi Penukaran Uang Baru di Bank serta Kas Keliling buat Lebaran 2023

Untuk cek tarif tol online, caranya ada banyak, termasuk bisa lewat Google Maps, Waze, dan lainnya. Bila hendak cek tarif tol untuk persiapan mudik Lebaran 2023, penjelasan caranya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Cara cek tarif tol online

1. Cek tarif tol via Google Maps

Ilustrasi cara cek tarif tol online via Google Maps.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek tarif tol online via Google Maps.

Cara cek tarif tol online yang pertama bisa dilakukan via Google Maps. Adapun langkah-langkah buat cek tarif tol di Google Maps adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Maps di ponsel. Bila belum punya silakan unduh dulu di Google Play Store (untuk ponsel Android) Store atau App Store (untuk iPhone).
  • Setelah Google Maps terbuka, klik ikon foto profil dan pilih menu “Setelan”.
  • Kemudian, klik opsi “Navigasi”. Di opsi ini, pastikan opsi “Lihat tarif kartu tol” telah aktif.
  • Jika sudah aktif, silakan atur rute perjalan di Google Maps dengan memasukkan lokasi keberangkatan dan tujuan. Pastikan mengatur rute perjalanan untuk kendaraan roda empat.
  • Setelah rute dibuat, Google Maps bakal menampilkan tarif tol yang kira-kira harus dibayarkan pengguna ketika melintasi jalan tol di perjalanan itu.

2. Cek tarif tol via Waze

Ilustrasi cara cek tarif tol di WazeKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek tarif tol di Waze

Selain lewat Google Maps, pengguna juga bisa cek tarif tol melalui aplikasi Waze. Cara cek tarif tol online lewat Waze adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Waze di ponsel. Bila belum punya silakan unduh dulu di Google Play Store (untuk ponsel Android) Store atau App Store (untuk iPhone).
  • Bila sudah punya, silakan klik ikon garis tiga yang terdapat di halaman utama aplikasi Waze.
  • Kemudian, klik menu “Pengaturan” dan pilih opsi “Navigasi”. Di opsi ini, pastikan opsi “Hindari jalan berbayar” telah dinonaktifkan.
  • Selanjutnya, silakan buat rute perjalan di aplikasi Waze. Pastikan mengatur rute perjalanan untuk kendaraan roda empat.
  • Setelah rute dibuat, Waze bakal menampilkan estimasi tarif tol yang harus dibayar.

3. Cek tarif tol via Travoy

Ilustrasi cara cek tarif tol di TravoyKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek tarif tol di Travoy

Travoy merupakan aplikasi buatan Jasa Marga yang punya layanan sistem informasi jalan tol. Di Travoy, pengguna bisa cek besar tarif yang harus dibayarkan saat melintasi jalan tol untuk mudik Lebaran 2023. Cara cek tarif tol via Travoy adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Travoy di ponsel. Bila belum punya, silakan unduh dulu aplikasi Travoy di Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).
  • Untuk mulai cek tarif tol, silakan klik opsi “Tarif Tol” yang tertera di halaman awal aplikasi Travoy.
  • Kemudian, pilih jenis kendaraan yang bakal digunakan untuk melintasi jalan tol.
  • Setelah itu, masukkan pintu masuk dan keluar jalan tol yang hendak dilintasi, lalu klik opsi “Submit”
  • Terakhir, aplikasi bakal menampilkan total tarif tol yang harus dibayarkan.

4. Cek tarif tol via Tol Kita

Ilustrasi cara cek tarif tol online via Tol Kita.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek tarif tol online via Tol Kita.

Tol Kita adalah aplikasi buatan BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Kementerian PUPR. Aplikasi ini memiliki fitur yang mirip dengan Travoy. Di Tol Kita, pengguna bisa cek tarif tol juga dengan cara sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Tol Kita di di Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone). Bila sudah punya, silakan buka aplikasi Tol Kita di ponsel.
  • Setelah terbuka, pada halaman awal aplikasi, pilih menu “Tarif Tol”.
  • Kemudian, masukkan titik keberangkatan dan tujuan.
  • Tunggu beberapa saat, lalu Tol Kita akan menampilkan estimasi tarif tol dari rute perjalanan itu yang harus dibayarkan untuk tiap golongan kendaraan.

5. Cek tarif tol via website BPJT

Ilustrasi cara cek tarif tol di website BPJTBpjt.pu.go.id Ilustrasi cara cek tarif tol di website BPJT

Selain lewat Tol Kita, pengguna juga bisa cek tarif tol melalui website BPJT. Untuk cara cek tarif tol online via website BPJS, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi laman dari website BPJT ini https://bpjt.pu.go.id/cek-tarif-tol melalui browser di ponsel atau laptop.
  • Kemudian, pilih ruas jalan tol yang hendak dilintasi.
  • Lalu, masukkan juga data pintu masuk dan keluar dari ruas jalan tol itu.
  • Pilih jenis kendaraan yang bakal dipakai.
  • Terakhir, website BPJT akan menampilkan informasi estimasi tarif tol yang harus dibayarkan.

Untuk diketahui, tarif tol yang tertera pada kelima platform di atas sifatnya estimasi atau perkiraan. Tarif secara akurat nanti bisa dicek lagi di gerbang tol. Meski masih estimasi, informasi tarif tol yang tertera di kelima platform itu bisa dipakai buat berjaga-jaga.

Baca juga: Tilang Elektronik ETLE Tetap Berlaku Selama Lebaran 2023, Ini Cara Cek Lokasi Kameranya

Dengan mengetahui estimasi tarif tol yang perlu dibayar, pengguna nantinya bisa memperkirakan seberapa banyak harus mengisi ulang saldo e-toll. Itulah lima cara cek tarif tol online untuk persiapan mudik Lebaran 2023, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com