Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Top Up E-toll via LinkAja untuk Persiapan Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 20/04/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Kartu e-toll menjadi bagian yang tak terpisahkan saat akan berpergian. Salah satunya pada saat mudik Lebaran 2023. Terlebih lagi bagi pengguna ruas jalan tol, tentu harus mempersiapkan kartu e-toll terisi sesuai anggaran dan estimasi perjalanan mudik.

Kartu e-toll sendiri bisa beragam jenis. Mulai dari BNI TapCash, Flazz dari bank BCA, Brizzi dari bank BRI, dan e-money dari bank Mandiri. Adapun cara top up e-toll dapat dilakukan dengan mudah salah satunya via dompet digital (e-wallet) LinkAja.

LinkAja merupakan dompet digital dan aplikasi uang elektronik yang memudahkan pengguna bertransaksi secara online. Salah satunya untuk mengisi saldo kartu e-toll.

LinkAja sendiri menyediakan fitur top up kartu e-toll untuk e-Money Mandiri, Brizzi, dan BNI Tap Cash. Lantas bagaimana cara top up e-toll via LinkAja untuk persiapan perjalanan mudik lebaran Idul Fitri 2023? Selengkapnya berikut ini tutorialnya.

Baca juga: Apa Itu MLFF, Sistem Pembayaran Tol Baru yang Bakal Gantikan E-toll?

Cara top up e-toll via LinkAja

  • Unduh aplikasi LinkAja di Play Store (Android) atau App Store (iOS)
  • Daftar atau login menggunakan nomor ponsel Anda
  • Pada halaman utama, Anda akan menemukan banyak fitur menu
  • Pilih “Lainnya” yang ditandai dengan menu tiga titik
  • Pilih fitur “Kartu Uang Elektronik”
  • Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk mengisi kode yang terdapat di kartu e-toll
  • Klik “Lanjut”
  • Pilih nominal top up yang dibutuhkan
  • Terdapat biaya admin Rp 1.000 yang harus dibayarkan Klik “Konfirmasi” untuk meneruskan pembayaran Selesai, kini top up saldo e-toll telah berhasil

Baca juga: Cara Transfer Saldo LinkAja ke Rekening Bank

Setelah top up saldo berhasil, Anda diharuskan untuk melakukan update dengan menempelkan kartu e-toll pada bagian belakang smartphone. Pastikan smartphone Anda telah mendukung fitur NFC dan telah diaktifkan.

Apabila ponsel Anda tidak memiliki fitur NFC, maka update saldo dapat Anda cek melalui ATM Himbara (Himpunan Bank Negara) atau minimarket terdekat. Demikian cara top up e-toll via LinkAja untuk perjalanan mudik 2023. Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com