Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bug di iOS Bikin Pengguna iPhone Panik

Kompas.com - 20/04/2023, 19:07 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5Mac

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna iOS melaporkan bahwa mereka menemukan adanya bug atau kesalahan di iPhone milik mereka. Keluhan-keluhan tersebut disampaikan melalui platform microblogging Twitter.

Dari twit yang dikirimkan, salah seorang pengguna menyebut bahwa iPhone-nya secara tiba-tiba meminta kata sandi (password) Apple ID miliknya. Sontak, ia panik dan menganggap ada sesuatu yang bermasalah dengan perangkatnya.

“Mengapa Apple ID saya mendadak meminta saya memasukkan password, saya pikir ada yang tidak normal di sini,” ujar pengguna iPhone bernama Andreu dengan handles @Da1trueAndrew_2.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 11, 12, dan SE Terbaru untuk Rayakan Lebaran 2023

Twit tersebut kemudian dibalas oleh beberapa pengguna lain yang kerap mengalami hal serupa. Selain di Twitter, pengguna iPhone lainnya juga mengeluhkan hal serupa di forum diskusi online, Reddit.

“Muncul jendela notifikasi (pemintaan password Apple ID) secara mendadak di ponsel saya, saya masuk (sign in) dan mengganti kata sandi (Apple ID) saya. Sungguh mengagetkan,” ujar salah seorang akun di Reddit bernama twentyskulls.

“Dua perangkat iPhone dengan Apple ID yang berbeda dalam kurun waktu kurang dari 10 menit (mendapat notifikasi permintaan kata sandi Apple ID). Sungguh aneh,” imbuh pengguna lain bernama TomatoBill.

Permintaan memasukkan kata sandi Apple ID ini biasanya hanya muncul ketika pengguna melakukan pembayaran, berlangganan suatu layanan, mengunduh (download) aplikasi di Apple App Store, memberi izin anak (parental control) mengunduh aplikasi, dan sebagainya.

Dikarenakan permintaan memasukkan kata sandi Apple ID dilakukan secara acak oleh sistem, sejumlah pengguna pun merasa aneh dan kebingungan.

Kemungkinan saat itu mereka sedang tidak melakukan transaksi atau kegiatan seperti yang disebutkan di atas.

Dari berbagai macam laporan keluhan yang disampaikan, sejumlah pengguna iPhone ketakutan dan panik karena mereka harus berulang kali memasukkan password Apple ID.

Pengguna iPhone lainnya juga ada yang mendadak keluar dari Apple ID-nya dan tidak dapat masuk kembali karena gagal melakukan login.

Saat mengetikkan kata sandi, sistem kerap kali mendeteksi bahwa password yang dimasukkan salah dan tidak sesuai. Padahal pengguna sudah memasukkan kata sandi yang sesuai saat itu.

Laporan ini pun cukup marak terjadi di wilayah Brazil dan Jepang. Namun, tampaknya hanya pengguna yang berbasis di dua negara tersebut saja yang mengalami bug di iPhone, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Kamis (20/4/2023).

Baca juga: Kamera 200 MP HP Xiaomi Terbaru Kalah dari Kamera 12 MP iPhone Lawas

Pihak Apple sendiri belum memberikan tanggapan lebih lanjut terkait bug yang dialami oleh pengguna.

Sejauh ini, upaya yang dilakukan pengguna adalah me-restart (mematikan dan menyalakan kembali) iPhone mereka. Langkah tersebut dilaporkan ampuh menghilangkan notifikasi permintaan passoword Apple ID.

Apabila Anda adalah pengguna iPhone dan mengalami permasalahan yang serupa, langkah yang bisa dilakukan saat ini adalah mematikan ponsel dan menyalakannya kembali.

Atau solusi lainnya adalah mengganti password Apple ID Anda. Agar dapat terhindar masalah keamanan yang tidak diinginkan, mengganti kata sandi mungkin bisa menjadi langkah yang tepat, setidaknya untuk saat ini

Merujuk pada kanal YouTube Apple Support, perusahaan sempat mengunggah penjelasan mengenai tata cara mengganti password Apple ID. Video cara mengganti password AppleID bisa diakses melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com