Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Selfie yang Bagus untuk Foto Saat Lebaran 2023

Kompas.com - Diperbarui 22/04/2023, 09:32 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Perayaan Lebaran 2023 tentu tak hanya diisi dengan silaturahmi. Namun kegiatan untuk mengabadikan momen tentu tak boleh ditinggalkan. Untuk mengambil potret diri sendiri dan keluarga tak harus menggunakan perangkat kamera yang lengkap.

Apabila Anda hanya ingin melakukan selfie saja menggunakan HP tentu tak masalah. Meskipun hanya menggunakan smartphone, namun hasil foto selfie yang tepat tentu tidak akan mengecewakan.

Maka dari itu bagi Anda yang ingin menghasilkan foto bagus dengan HP, berikut ini KompasTekno merangkum tips selfie untuk liburan Lebaran 2023.

Baca juga: Fitur-fitur Kamera Selfie Oppo Reno 8 4G, Ada AI Retouch dan Filters

Menggunakan kamera belakang

Meskipun foto selfie akan lebih mudah dilakukan menggunakan kamera depan, namun apabila Anda ingin menghasilkan potret lebih ciamik tak ada salahnya untuk menggunakan kamera belakang.

Fitur kamera belakang pada HP biasanya lebih lengkap dan memiliki resolusi kamera yang lebih tinggi. Kendati demikian karena posisi selfie menggunakan kamera belakang kurang nyaman, maka Anda harus bersabar membiasakan diri agar mendapatkan angle yang pas.

Perhatikan pencahayaan

Kunci memiliki foto selfie yang bagus adalah dengan memperhatikan posisi pencahayaan. Usahakan untuk tidak melakukan pemotretan di luar ruangan dengan terik cahaya matahari yang terang. Hal ini akan mengakibatkan foto menjadi backlight serta ekspresi mata mengernyit.

Apabila Anda ingin melakukan selfie di luar ruangan maka perhatikan waktu terbaik, yakni saat matahari baru saja terbit atau menjelang sore hari. Sedangkan apabila ingin melakukan selfie di dalam ruangan maka gunakanlah flash pada smartphone.

Memperhatikan latar belakang/background foto

Apabila Anda ingin menghasilkan selfie yang bagus usahakan untuk memperhatikan latar belakang/background foto. Usahakan untuk memilih latar belakang cukup bagus agar foto selfie menghasilkan potret indah.

Namun apabila Anda tidak memiliki latar belakang yang bagus maka manfaatkanlah fitur bokeh yang ada di kamera ponsel. Cara menggunakan efek bokeh dapat disimak di tautan berikut ini.

Efek bokeh akan membantu memburamkan latar belakang foto serta memfokuskan obyek foto sehingga hasil terlihat lebih tajam.

Ketahui angle foto yang tepat

Untuk mengetahui angle foto yang tepat Anda dapat mencoba melakukan bidikan beberapa kali. Hal tersebut karena setiap orang biasanya akan memiliki sudut pengambilan selfie yang berbeda-beda.

Misalnya saja untuk seseorang yang memiliki pipi sedikit chubby dapat menggunakan angle dari kiri samping. Sedangkan apabila ingin menonjolkan bagian hidung agar terlihat mancung maka dapat dilakukan dengan memotret dari sudut bawah.

Baca juga: Gen-Z di TikTok Tersadar, Kamera DSLR Lebih Bagus ketimbang iPhone

 

Jangan lupa gunakan fitur timer pada kamera

Agar hasil foto tidak buram maka gunakanlah fitur pengatur waktu atau timer yang tersedia di kamera. Menggunakan timer akan membuat foto selfie Anda lebih bagus serta pose lebih siap. Cari opsi timer di aplikasi kamera ponsel Anda dan pilih antara timer 2s, 3s, 5s, atau 10s.

Menggunakan tongkat selfie

Apabila Anda memiliki tongkat selfie jangan lupa untuk menyertakannya pada saat selfie. Menggunakan tongkat selfie juga akan menjangkau latar belakang/background foto lebih luas serta menghindari getaran saat memotret.

Gunakan filter atau aplikasi edit foto

Agar foto selfie lebih bagus dan ciamik jangan lupa untuk mengeditnya dengan bantuan aplikasi edit foto. Saat ini terdapat berbagai aplikasi edit foto yang memiliki tools atau fitur yang dapat membantu mempercantik foto. Beberapa aplikasi edit foto yang bisa Anda coba dapat disimak di artikel berikut ini.

Demikian tips selfie yang bagus untuk foto Lebaran 2023. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com