Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Bikin Emoji Animasi Mirip Telegram?

Kompas.com - 21/04/2023, 17:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber 9to5Mac

KOMPAS.com - Platform perpesanan instan WhatsApp kabarnya bakal segera menghadirkan fitur yang mirip dengan pesaingnya, Telegram. Fitur tersebut adalah emoji animasi.

Menurut laporan situs yang kerap membocorkan calon fitur baru WhatsApp, WABetaInfo, pengguna dimungkinkan mengirim sebuah emoji berukuran lebih besar dibanding sebelumnya dan dapat bergerak.

Animasi tersebut bakal membuat emoji melakukan gerakan tertentu menyesuaikan ekspresi wajah yang ditampilkan. Ringkasnya, emoji di WhatsApp dibuat tidak statis seperti sebelumnya, tetapi dapat begerak sehingga tampilannya lebih interaktif.

Jadi, emoji animasi ini sepintas bakalan mirip dengan stiker animasi yang sudah ada saat ini, di mana stiker bisa bergerak.

Baca juga: 49 HP Android dan iPhone yang Tak Bisa Pakai WhatsApp Akhir Tahun Ini

Fitur emoji animasi di WhatsAppWABetaInfo Fitur emoji animasi di WhatsApp

Dari gambar yang diunggah WABetaInfo, ketika salah satu emoji muka sedang berpesta (nama: partying face) dikirim ke ruang obrolan, emoji wajah tersebut tampa berputar-putar seperti tengah menari dan meniup terompet, serta memunculkan visual confetti yang berterbangan.

Kehadiran fitur ini bisa menjadi kabar baik bagi sejumlah pengguna yang ingin mengekspresikan perasaannya di ruang obrolan. Tambahan animasi dan sedikit visual pada emoji juga membuat obrolan lebih interaktif dan menyenangkan.

WhatsApp juga dikabarkan tengah menggunakan Lottie, platform animasi yang memungkinkan pengembang/desainer membuat animasi berukuran kecil, tanpa harus mengkhawatirkan masalah kualitas.

Artinya, walau emoji animasi yang dimunculkan berukuran kecil, kualitas yang dimiliki tetap maksimal.

Baca juga: Status WhatsApp Bisa Di-share Langsung ke Facebook, Begini Caranya

Kemungkinan, fitur emoji animasi ini tidak akan memiliki section khusus, seperti emoji statis dan emoji animasi.

Sistem WhatsApp hanya akan memunculkan animasi untuk emoji-emoji tertentu saja dan kemungkinan akan dicampur dengan emoji yang statis yang sudah ada sebelumnya.

Tidak semua emoji di WhatsApp bakal dibekali animasi. Pengguna juga tidak memiliki opsi untuk memilih emoji mana saja yang dibekali fitur animasi dan tidak.

Apabila ada pengguna yang mungkin merasa terganggu dengan penambahan animasi ini, sistem WhatsApp juga tidak menawarkan opsi untuk menonaktifkan fitur tersebut. Berbeda dengan Telegram yang memungkinkan penggunanya menonaktifkan/menyalakan fitur animasi emoji.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Jumat (21/4/2023), fitur animasi emoji masih dalam tahap pengembangan. WABetaInfo mengungkapkan bahwa saat ini fitur emoji animasi tengah dikembangkan untuk WhatsApp beta versi desktop dan web.

Fitur serupa rencananya akan dihadirkan ke perangkat iPhone dan Android, tetapi belum diketahui kapan pastinya WhatsApp bakal menggelontorkan fitur secara resmi.

Bila ingin mendapat pembaruan terkini dari aplikasi WhatsApp, Anda bisa secara berkala melakukan update aplikasi di toko aplikasi resmi seperti Google Playstore ataupun Apple App Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com