Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mengatasi Sinyal HP Lemah Saat Mudik dan Arus Balik Lebaran 2023

Kompas.com - 21/04/2023, 18:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat mudik atau arus balik Lebaran ke berbagai daerah, tak jarang pengguna mengalami masalah terkait sinyal ponsel yang terus melemah.

Faktor sinyal lemah biasanya disebabkan saat pengguna mulai masuk ke daerah pegunungan, pedesaan, hingga karena faktor cuaca buruk di daerah setempat.

Hal ini tentu dapat menghambat Anda berkomunikasi dengan keluarga atau teman-teman. Kendati demikian tak perlu khawatir, Anda dapat mencoba beberapa tips untuk mengatasi sinyal HP lemah saat mudik Lebaran dengan beberapa cara berikut ini.

Alihkan mode pesawat atau restart ponsel

Cara tercepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengaktifkan mode pesawat, selanjutnya tunggu sekitar 10 detik dan matikan kembali. Cara ini akan me-refresh koneksi ke jaringan operator seluler dan membuat ponsel Anda memeriksa lagi untuk melihat jaringan yang tersedia. Di ponsel Android mode pesawat dapat Anda temui di menu bar paling atas.

Cek baterai Anda

Baterai lemah bisa menjadi salah satu faktor yang membuat sinyal lemah. Maka dari itu apabila baterai habis ponsel akan secara otomatis masuk ke mode daya rendah yang memungkinkan menggunakan lebih sedikit daya untuk radio seluler.

Anda dapat segera mengecas ponsel, menurunkan kecerahan layar, hingga mengatur layar mati dnegan durasi lebih cepat agar baterai lebih hemat.

Baca juga: Baterai HP Cepat Habis? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bersihkan tempat kartu SIM Anda

Tips selanjutnya cobalah untuk melihat bagian hardware ponsel khususnya pada bagian kartu SIM. Coba cek bagian kontak SIM apakah kotor atau aus yang biasanya dapat menyebabkan kegagalan intermiten.

Mulailah dengan membersihkan permukaan logamnya, serta lap dengan disinfektan atau alkohol menggunakan kapas atau lap.

Cobalah dengan mengubah tipe jaringan

Cara lainnya adalah mengubah tipe jaringan Anda. Meskipun saat ini operator seluler sudah didominasi dengan sinyal 4G namun tak ada salahnya untuk mencoba mengotak-atik perubahan tipe jaringan. Bisa jadi dengan menggunakan sinyal 3G di area tertentu sinyal Anda lebih kuat dan lancar.

Ganti operator seluler

Apabila berbagai percobaan masih saja tidak memberikan perubahan pada sinyal, maka cara terakhir adalah mengganti kartu SIM dengan operator seluler lain. Anda bisa menanyakan penduduk sekitar operator seluler apa yang biasa diandalkan di daerah setempat.

Baca juga: Sinyal 3G Telkomsel di Seluruh Indonesia Bakal Dimatikan Mei 2023, Jakarta Terakhir

Itulah beberapa tips mengatasi sinyal HP yang lemah saat mudik Lebaran 2023. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com