Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips Foto Keluarga dengan HP Saat Lebaran 2023

Kompas.com - Diperbarui 22/04/2023, 09:14 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Momen Lebaran tak lengkap rasanya apabila tidak mengabadikan foto keluarga. Melakukan foto dengan banyak anggota tentu harus mengatur posisi sebaik mungkin. Selain itu menggunakan kamera digital juga menjadi pilihan tepat menghasilkan foto keluarga yang bagus.

Kendati demikian apabila tidak memiliki kemera digital, Anda dapat memanfaatkan kamera HP untuk menghasilkan foto keluarga yang tetap ciamik. Untuk mendapatkan hasil jepretan foto keluarga yang optimal, Anda dapat memperhatikan beberapa tips foto keluarga berikut ini. Apa saja itu? Berikut ini ulasannya. 

Baca juga: Rekomendasi 10 Ponsel yang Cocok Dipakai untuk Foto Keluarga Saat Lebaran 2022

Pilih background bagus dan tempat yang lapang

Foto keluarga tentu memiliki komposisi anggota lebih banyak. Penataan posisi foto pun akan membutuhkan waktu agar angle yang didapatkan sempurna. Maka dari itu pilihlah tempat yang lapang dan background terbaik.

Misalnya saja di depan halaman depan rumah, taman, atau halaman belakang. Selain latar belakang bagus dan tempat lebih lapang, berfoto di luar ruangan akan menghasilkan pencahayaan yang ideal sehingga hasil foto keluarga pun bagus.

Pencahayaan yang pas

Kunci hasil potret terbaik adalah ketika pencahayaan yang dihasilkan ideal dan pas. Usahakan tidak menggunakan flash HP. Apabila ingin berfoto di dalam ruangan maka gunakanlah properti lighting yang ideal salah satunya menggunakan ring light.

Namun seperti poin pertama lebih baik menggunakan pencahayaan alami. Misalnya saja melakukan foto keluarga di luar ruangan, seperti halaman depan rumah. Selanjutnya pilihlah waktu yang tepat antara setelah matahari terbit dan sesaat sebelum terbenam.

Menggunakan mode lanskap

Anda harus mengatur sebaik mungkin posisi anggota keluarga yang akan dipotret. Terlebih lagi jika terdiri dari lebih dari 10 orang. Maka dari itu jangan lupa menggunakan mode potret dengan orientasi lanskap.

Memotret dengan orentasi lanskap akan menangkap gambar lebih luas. Objek dan latar belakang akan tersusun dengan sempurna.

Pastikan kamera HP bersih dan tidak ada noda

Jangan lupa mengecek kondisi kamera HP Anda. Pastikan kamera tidak terkena noda sedikit pun. Hal ini dikarenakan kamera HP rentan terkena noda luar karena intensitas penggunaan yang tinggi. Noda kamera biasanya terkena dari bekas sidik jari pengguna sendiri. Cara membersihkan kamera HP dapat menuju tautan berikut ini.

Baca juga: Apa Itu Efek Bokeh dan Bagaimana Cara Mendapatkannya lewat Kamera HP?

Menggunakan mode HDR

High Dinamic Range (HDR) adalah mode kamera HP yang berfungsi untuk menghasilkan jangkauan pencahayaan yang dinamis. Mode HDR di HP akan membantu Anda menciptakan keseimbangan warna lebih baik.

Mode ini cocok untuk pemotretan lanskap, seperti foto keluarga. Biasanya setiap smartphone sudah dibekali dengan mode HDR dan secara otomatis aktif saat akan melakukan pemotretan secara manual.

Menggunakan aturan sepertiga

Teknik aturan sepertiga adalah cara memosisikan objek di sepertiga bagian dalam foto agar tampak lebih seimbang dan terlihat bagus secara visual. Komposisi ini akan menempatkan bidang gambar dalam tiga bagian yang sama besar dan proporsional baik dalam posisi lanskap atau potrait.

Fitur ini biasanya muncul saat akan membidik foto. Namun apabila tidak muncul secara otomatis, maka Anda dapat mencoba cara seperti pada yang dilakukan di Ponsel Xiaomi Redmi Note 10S. Buka kamera ponsel > klik menu tiga garis vertikal di kanan atas > pilih “Tampil garis bantu”.

Menggunakan bantuan tripod

Usahakan untuk menggunakan properti bantuan yakni tripod. Tripod berfungsi untuk menopang bodi kamera saat akan memotret objek. Menggunakan tripod akan membuat hasil jepretan lebih stabil serta seluruh keluarga dapat ikut berfoto seluruhnya.

Menggunakan timer kamera

Jangan lupa setelah siap berpose maka atur timer atau pengatur waktur agar hasil jepretan lebih siap. Anda dapat mengatur waktu jepret mulai dari tiga hinngga sepuluh detik.

Menggunakan bantuan remote shutter bluetooth

Selain menggunakan timer agar pose lebih siap, Anda juga dapat mengggunakan bantuan properti remote shutter bluetooth. Properti ini berguna untuk menekan tombol bidik kamera dari jauh dan membidik kapan pun saat pose telah siap.

Remote shutter bluetooth dapat ditemukan dengan mudah di berbagai marketplace dengan kisaran harga bermacam-macam mulai dari Rp 20.000.

Baca juga: 6 Tips Pose Foto Keluarga Besar Saat Lebaran 2022

Demikian beberapa tips foto keluarga menggunakan HP saat Lebaran 2023. Semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com