Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trafik Broadband Telkomsel Naik 11 Persen Saat Lebaran 2023

Kompas.com - 25/04/2023, 11:30 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Sepanjang momen Ramadhan dan Idul Fitri 2023 (RAFI) Telkomsel mencatat pertumbuhan trafik broadband mencapai 11,7 persen dibanding rerata hari biasa 2023.

Sementara jika dibandingkan dengan periode Ramadan dan Idul Fitri tahun lalu, trafik broadband trafik broadband Telkomsel naik 11,4 persen.

Untuk layanan pesan singkat (SMS) tumbuh sekitar 14,1 persen, sedangkan trafik layanan panggilan suara (voice call) mengalami penurunan sebesar 20 persen dibandingkan hari biasa.

Meningkatnya trafik broadband Telkomsel selama Ramadan dan Idul Fitri 2023 didorong dengan adanya peningkatan aktivitas pelanggan dalam mengakses layanan digital selama momen RAFI 2023.

Baca juga: Beli Pulsa Telkomsel Dapat Voucher Belanja dan Diamond Free Fire

Telkomsel mencatat peningkatan aktivitas digital yang mencakup akses layanan komunikasi, seperti instant messaging dan video conference yang tumbuh mencapai 5,5 persen, serta akses gim mobile yang melonjak hingga 15,2 persen.

Untuk layanan digital yang mengalami pertumbuhan trafik tertinggi dikontribusi dari akses pelanggan ke layanan aplikasi instant messaging WhatsApp yang melonjak hingga 40,3 persen.

Sedangkan aplikasi media sosial seperti TikTok naik sekira 28,5 persen, SnackVideo mencapai 23,4 persen, Instagram yang naik mencapai 14,2 persen, serta layanan streaming video YouTube yang meningkat hingga 12 persen.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono mengatakan bahwa secara keseluruhan Telkomsel telah mengantisipasi lonjakan trafik layanan broadband melalui optimalisasi infrastruktur jaringan.

Baca juga: Beli Pulsa Telkomsel Dapat Voucher Belanja dan Diamond Free Fire

Secara keseluruhan, Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan yang difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia, memastikan ketersediaan produk dan layanan unggulan yang customer centric, hingga menghadirkan beragam promo khusus yang dapat semakin mendukung kemudahan akses aktivitas dan gaya hidup digital masyarakat.

“Kami berharap kontribusi Telkomsel yang menghadirkan konektivitas broadband andal, merata, serta setara selama Ramadan dan Idulfitri 1444 H lalu dapat mewujudkan momen silaturahmi yang penuh kehangatan bagi seluruh pelanggan," ujar Saki dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (25/4/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com