Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tengah Gelombang PHK, Bos Google Dapat Gaji Melimpah

Kompas.com - 26/04/2023, 08:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Google dan Alphabet, Sundar Pichai tampaknya semakin kaya di tahun 2022. Pasalnya di tahun tersebut, ia mendapatkan gaji sebesar 226 juta dollar AS (sekitar Rp 3,3 triliun, asumsi 1 dollar AS = Rp 14.900).

Angka gaji Pichai ini tercantum di laporan keuangan Alphabet yang dirilis induk Google tersebut belum lama ini.

Menurut laporan tersebut, mayoritas gaji atau sekitar 218 juta dollar AS (sekitar Rp 3,2 triliun), diterima Pichai dalam bentuk kepemilikan saham.

Sementara itu sisanya berasal dari gaji pokok sebesar 2 juta dollar AS (sekitar Rp 29,9 miliar) dan uang tunjangan keamanan pribadi senilai 5 juta dollar AS (sekitar Rp 74,6 miliar).

Jika dibandingkan dengan gaji di tahun 2021, Pichai "hanya" menerima sekitar 6 juta dollar AS (setara dengan Rp 89,5 miliar), sehingga uang yang ia dapatkan di 2022 naik berkali-kali lipat dari tahun sebelumnya. 

Baca juga: Gaji Bos Apple Rp 1,5 Triliun, Minta Dipotong Rp 700 Miliar

Adapun pendapatan Pichai yang naik tajam di 2022 ini, bisa dibilang cukup wajar. Sebab, gaji dari kepemilikan saham (stock award value) diberikan Alphabet setiap tiga tahun sekali.

Sebelum 2022, Pichai juga pernah menerima uang gaji senilai 281 juta dollar AS (sekitar Rp 4,2 triliun) pada 2019 lalu, di mana mayoritas dari uang tersebut memang berupa kepemilikan saham. 

Selain lebih tinggi dari gaji Pichai di 2021, pendapatannya tahun 2022 juga disebut 800 kali lipat lebih banyak dibanding rata-rata gaji tahunan karyawan Alphabet lainnya.

Dalam laporan keuangan Alphabet di atas, disebutkan bahwa rata-rata gaji tahunan karyawan Alphabet berada di bawah angka 280.000 dollar AS (sekitar Rp 4,1 miliar), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNN, Rabu (26/4/2023). 

Baca juga: CEO Google Umumkan PHK 12.000 Karyawan

Di sisi lain, gaji besar Pichai ini diumumkan di tengah kondisi Alphabet dan Google yang tidak baik-baik saja.

Sebab belum lama ini, Google mengumumkan bahwa pihaknya bakal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 12.000 karyawan mereka, atau sekitar 6 persen dari total karyawan Google yang ada di seluruh dunia.

Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk menghemat uang di tengah kondisi ekonomi global yang tak menentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com