Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rahasia Apple Mampu Jadi Raja di Negeri Sendiri

Kompas.com - 26/04/2023, 19:20 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple merupakan perusahaan teknologi paling bernilai di dunia, dengan kapitalisasi pasar mencapai 2,613 triliun dollar AS atau kira-kirasetara Rp 38.610 triliun.

Nilai itu tak luput dari kesuksesan Apple menjadi perusahaan yang dominan di kampung halamannya, Amerika Serikat. Apple juga kerap menjadi vendor ponsel nomor satu dunia, bersaing dekat dengan Samsung.

Di pasar ponsel AS, firma riset pasar ponsel Counterpoint Research mengungkapkan bahwa pangsa pasar Apple berhasil tembus di atas 50 persen untuk pertama kalinya.

Pada Desember 2022, iPhone juga disebut-sebut menjadi smartphone yang paling banyak digunakan di AS (pangsa pasar 52,5 persen), dibandingkan merek smartphone lainnya.

Baca juga: IDC: Pengiriman PC Global Turun, Apple Mac Paling Anjlok

Outlet media The Wall Street Journal pun mencoba merinci setidaknya lima alasan utama yang membuat Apple dominan di Amerika Serikat.

1. Popularitas di kalangan anak muda

Ilustrasi iPhone. 

Dok. Shutterstock/Ivan_Shenets Ilustrasi iPhone.
iPhone merupakan ponsel yang populer di kalangan anak muda. Bahkan, dalam 10 tahun terakhir semakin banyak anak muda di AS yang menggunakan iPhone.

Setidaknya begitulah menurut riset yang dipublikasi oleh Piper Sandler, sebuah perusahaan bank investasi independen Amerika Serikat dan perusahaan jasa keuangan, pada Oktober 2022.

Salah satu temuan dari survei terbaru Piper Sandler adalah mayoritas atau 87 persen dari remaja yang disurvei ternyata memiliki iPhone.

Angka ini naik lebih dari dua kali lipat dibanding kepemilikan iPhone di kalangan remaja 10 tahun yang lalu. Pada 2012, survei mencatat bahwa ada sebanyak 40 persen remaja AS yang memiliki iPhone.

Menurut The Wall Street Journal, popularitas iPhone di kalangan anak muda ini tampaknya, salah satunya, didorong oleh gengsi akibat warna chat bubble ketika berkirim pesan.

iPhone memang memiliki dua skema warna gelembung chat ketika berkirim pesan di iMessage.

Ketika pesan dikirim dalam bentuk iMessage ke sesama pengguna iPhone, bubble text akan menunjukkan warna biru. Sedangkan bubble text warna hijau menunjukkan bahwa pesan dikirim dalam bentuk SMS biasa atau ke ponsel merek lain berbasis Android.

Nah, hal itu tampaknya menjadi "tekanan" tersendiri bagi anak muda di AS. Sehingga, anak muda mungkin akan terdorong membeli iPhone untuk sekadar gengsi dan menghindari tekanan sosial di grup mereka.

Baca juga: Apple Jadi Produk Populer di Kalangan Remaja AS

2. Ekosistem yang terintegrasi

Menurut analis lain, faktor lain yang membuat Apple perkasa di AS adalah karena ekosistem produk Apple yang saling terkait dan saling bergantung.

Selain iPhone, Apple juga menjual perangkat MacBook, iPad, serta AirPods dan Apple Watch.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com