Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Trik Bikin HP Android Ngebut Lagi

Kompas.com - 27/04/2023, 15:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber SlashGear


KOMPAS.com - Makin sering digunakan, makin "lelet" performanya. Hal itu berlaku untuk banyak produk gadget, tak terkecuali smartphone Android.

Ketika baru dibeli, ponsel Android bekerja dengan baik, termasuk performanya yang masih sangat cepat.

Namun, lambat laun seiring lamanya pemakaian, smartphone bakal semakin lamban karena banyaknya aplikasi yang terinstal, file sampah (junk) yang belum terhapus penuh, serta siklus pengurasan dan pengisian daya baterai yang dilakukan berulang kali.

Karena lambat, sebagian pengguna mungkin memilih untuk meninggalkan ponsel yang kian menua dan melirik perangkat yang lebih mutakhir. Masalahnya, pengguna harus menyiapkan dana yang cukup untuk membeli smartphone baru dengan spesifikasi yang mumpuni.

Baca juga: Cara Menghapus Bloatware di HP Xiaomi Agar Tidak Lemot

Nah, daripada membeli smartphone baru, ada baiknya untuk mencoba memperbaiki kinerja ponsel Android agar bisa sedikit lebih kencang. Mungkin, performanya tidak akan sekencang ketika masih baru. Namun, setidaknya ponsel Android masih bisa digunakan lebih lama.

Ada beberapa trik yang bisa dicoba untuk membuat ponsel Android ngebut lagi. Berikut triknya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Slash Gear, Kamis (28/4/2023).

Cara agar HP Android tidak lemot

1. Menghapus foto, video, dan file lainnya

ilustrasi cara membersihkan memori penyimpanan perangkat AndroidMikhaangelo Fabialdi Nurhapy ilustrasi cara membersihkan memori penyimpanan perangkat Android
Foto dan video merupakan salah satu jenis file yang sering membuat memori penyimpanan penuh. Musababnya, ukuran per file foto maupun video umumnya relatif besar, apalagi jika pengguna memakai smartphone flagship.

Jika pengguna hobi memotret gambar atau merekam video, memori penyimpanan akan menjadi sesak tanpa disadari. Untuk itu, pengguna perlu menghapus foto atau video yang kurang penting dari storage.

Caranya, pengguna perlu membuka browser file bawaan ponsel, seperti Google Files atau Samsung My Files misalnya. Kedua aplikasi ini dapat mencari file berukuran besar sehingga pembersihan memori penyimpanan menjadi lebih praktis.

Perlu dicatat, ponsel Android teranyar biasanya memiliki "tempat sampah" layaknya Recycle Bin di Windows. Jadi, pengguna harus mengecek tempat sampah tersebut dan memastikan tidak ada file yang tersisa.

2. Menghapus aplikasi yang tidak terpakai

ilustrasi cara membersihkan memori penyimpanan perangkat AndroidMikhaangelo Fabialdi Nurhapy ilustrasi cara membersihkan memori penyimpanan perangkat Android
Selain foto dan video, pengguna bisa mencopot pemasangan (uninstall) aplikasi yang sudah tidak digunakan agar ruang penyimpanan menjadi lebih lega.

Penghapusan aplikasi ini dapat dilakukan dengan mengetuk dan menahan (hold) ikon aplikasi selama beberapa detik sebelum memilih tombol "Uninstall".

Alternatifnya, pengguna bisa mengunjungi toko aplikasi Google Play Store untuk menghapus aplikasi. Caranya dengan mencari nama aplikasi yang ingin dihapus kemudian mengetuk tombol "Uninstall".

Pengguna juga bisa memilih menu "Manage apps & devices" > "Manage" di Play Store kemudian mengetuk simbol tiga garis di kanan menu "Apps". Pilih "Size" untuk mencari aplikasi dengan ukuran terbesar, lalu tekan "Uninstall".

Jika aplikasi yang ingin dihapus merupakan aplikasi sistem yang tidak bisa di-uninstall, pengguna bisa mematikan aplikasi tersebut agar tidak memakan memori.

Untuk itu, pengguna perlu masuk ke menu "Settings" > "Apps" di ponsel. Pilih aplikasi yang tidak berguna kemudian ketuk tombol "Disable" untuk mematikannya atau "Uninstall" jika bisa dihapus.

Baca juga: 5 Cara Bersih-bersih Laptop agar Tidak Lemot

3. Menghapus aplikasi yang boros daya

Beberapa aplikasi di HP Android, biasanya memiliki kekurangan soal konsumsi daya yang cukup banyak.

Aplikasi ini akan tetap aktif di latar belakang (background) dan mengonsumsi daya serta RAM sehingga membuat ponsel menjadi lemot.

Pengguna dapat mengidentifikasi aplikasi yang boros daya dengan mengecek pengaturan baterai. Pengaturan ini akan menunjukkan deretan aplikasi beserta persentase baterai yang digunakan.

Halaman:
Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com