Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pakai Fitur Pemoles Wajah Kamera Selfie Oppo Reno8 4G

Kompas.com - 27/04/2023, 17:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu ponsel terbaru Oppo di Indonesia, yaitu Reno8 4G, dibekali dengan berbagai fitur fotografi, salah satunya adalah AI Portrait Retouching untuk kamera selfie

AI Portrait Retouching merupakan sebuah fitur yang memungkinkan ponsel memoles beragam fitur atau elemen yang ada di wajah manusia dalam sebuah foto, yang dibidik kamera Oppo Reno8 4G.

Fungsinya adalah supaya fitur, kontur, hingga tekstur wajah yang ada di dalam foto sesuai dengan preferensi pengguna, atau lebih enak dipandang.

Adapun elemen wajah yang bisa dipoles sistem melalui AI Portrait Retouching mencakup noda pada wajah, bekas jerawat, tekstur kulit wajah, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Sembunyikan File di HP Oppo Reno8 T 5G dengan Fitur Private Safe

Nah, supaya beragam fungsi ini bekerja dengan optimal, AI Portrait Retouching mengandalkan suatu algoritma yang bisa mendeteksi wajah pada sebuah obyek, apabila obyek tersebut merupakan manusia.

Selain AI Portrait Retouching, Oppo Reno8 4G juga dibekali dengan beberapa fitur fotografi lainnya. 

Beberapa di antaranya seperti Bokeh Flare Portrait untuk menerapkan efek buram (bokeh) elegan, Selfie HDR untuk menghasilkan foto wajah dengan pencahayaan optimal, Filters untuk mengubah tone warna dalam hasil foto, dan masih banyak lagi.

 

Cara menggunakan fitur Retouch, Filters, dan Stickers di mode kamera selfie Oppo Reno 8 4G.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara menggunakan fitur Retouch, Filters, dan Stickers di mode kamera selfie Oppo Reno 8 4G.

Kembali lagi ke fitur AI Retouching tadi, cara menggunakan fitur yang berfungsi untuk mempercantik wajah tersebut bisa dilihat dalam langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi kamera.
  • Klik ikon "tongkat ajaib" yang ada di bagian kanan bawah tampilan bidikan kamera.
  • Lalu, pilih menu "Retouch" dan pilih elemen wajah apa yang ingin dipercantik.
  • Selain memilih, pengguna juga bisa mengatur seberapa besar efek Retouch diaplikasikan ke sejumlah elemen wajah.

Secara spesifikasi, Oppo Reno8 4G dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera microlens 2 MP, dan kamera mono 2 MP. Pada bagian depannya, terdapat kamera selfie 32 MP.

Baca juga: Foto Bikinan AI Menangkan Kompetisi Fotografi Bergengsi Dunia

Ponsel dengan chipset Snapdragon 680 dan baterai 4.500 mAh (33W SuperVOOC) ini sudah bisa didapatkan di Indonesia dengan harga Rp 5 juta (8 GB/256 GB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com