Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mouse Komputer Pertama di Dunia Terbuat dari Kayu, Begini Wujudnya

Kompas.com - 27/04/2023, 18:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Star

KOMPAS.com - Perkembangan tetikus atau mouse saat ini sudah semakin canggih. Kini, sudah banyak orang yang lebih memilih mouse wireless atau nirkabel untuk digunakan sebagai pendukung komputer.

Selain mouse wireless, ada beberapa jenis mouse lain yang beredar di pasaran saat ini.
Misalnya saja mouse gaming yang diperuntukan bagi para gamer PC untuk meningkatkan pengalaman gaming.

Ada pula mouse vertikal yang memiliki desain ergonomis dengan posisi berdiri. Berbeda dengan mouse pada umumnya, mouse ini digenggam seperti sedang "menjabat tangan", di mana track ball berada di seblah kiri yang bisa diakses oleh ibu jari atau jari telunjuk.

Dengan banyaknya pilihan mouse yang ada saat ini, pernah kah terlintas bagaimana sebenarnya bentuk awal dari tetikus?

Baca juga: Mickey Mouse One, Pesawat Ikonik Walt Disney dengan Nuansa Tikus

Dilihat dari sejarahnya, mouse pertama di dunia rupanya jauh dari kata canggih, baik fitur maupun desainnya. Mouse pertama di dunia terbuat dari potongan kayu. Lantas, bagaimana wujudnya?

Mouse pertama dunia, terbuat dari kayu

Bentuk mouse pertama yang ditemukan oleh Douglas EngelbartComputer History Bentuk mouse pertama yang ditemukan oleh Douglas Engelbart

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Star, mouse pertama kali ditemukan oleh Douglas Engelbart, seorang ilmuwan komputer dari Stanford Research Institute.

Mouse tersebut dibuat menggunakan kayu dan memiliki bodi yang kotak, terlihat kaku dibanding bentuk mouse masa kini,

Mouse tersebut punya permukaan bodi berbentuk kotak dengan sudut yang membulat di bagian atas. Kemudian, di bagian atas kanan, terdapat satu tombol berwarna merah yang bisa ditekan.

Bodi bawah mouse pertamaComputer History Bodi bawah mouse pertama

Sementara itu, di bagian bawah bodi mouse terdapat dua cakram yang diposisikan tegak lurus, untuk menunjukkan sumbu X dan sumbu Y. Roda tersebut dapat bergulir ke kanan ataupun kiri. Fungsi roda nantinya bakal memudahkan pengguna menggerakkan kursor di dalam layar.

Di bagian belakang, terdapat kabel menyerupai ekor. Kabel tersebut akan disambungkan ke sistem komputer. Desain tersebut yang membuat Engelbert menamakan alat tersebut mouse atau benda yang mirip seekor tikus.

Kabel tersebut mengadopsi sistem bernama “On-Line Engelbart”. Ketika sistem tersebut terhubung ke komputer, mouse akan dapat mengontrol tampilan layar komputer.

Baca juga: Logitech Rilis Mouse Lift Vertical Ergonomic di Indonesia, Harga Rp 1 Jutaan

Sejarah mouse

Ilustrasi alas mouse, ilustrasi mousepad, ilustrasi mouse pad.SHUTTERSTOCK / Sebastian Bednarek Ilustrasi alas mouse, ilustrasi mousepad, ilustrasi mouse pad.

Sedikit membahas sejarah penemuan mouse. Sebelum akhirnya menemukan mouse, Engelbert kala itu tengah mencari cara meningkatkan kemampuan manusia agar dapat memecahkan masalah kompleks. Ia pun mengajak William Bill English untuk mengembangkan perangkat keras (hardware).

Engelbert dan English membutuhkan “sesuatu” yang punya kemampuan berinteraksi dengan tampilan informasi, seperti menggerakkan kursor di layar. Perangkat yang dipertimbangkan saat itu adalah pena berbobot ringan, joystick, dan sebagainya.

Halaman:
Sumber The Star
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com