Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Chatbot dengan Berbagai Pilihan Karakter, Ini Cara Menggunakan Character AI

Kompas.com - Diperbarui 02/05/2023, 09:06 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini di Twitter, ramai pengguna yang membagikan tangkapan layar obrolan dengan sebuah bot atau program komputer. Salah satu contohnya bisa dilihat lewat twit dari akun base dengan handle @convomf, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Mengenal Midjourney, Program AI Pengolah Teks Jadi Gambar Pesaing Dall-E

Pada twit tersebut, tampak pengguna sedang mengobrol dengan bot yang memiliki karakter bisa berbahasa Sunda. Selain contoh twit di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi pengguna yang membagikan tangkapan layar obrolan dengan bot sejenis.

Dari beberapa twit yang ada, obrolan pengguna itu diketahui dilakukan dengan memanfaatkan bot bernama Character AI. Untuk diketahui, sebagai sebuah program, Character AI bisa dibilang mirip dengan ChatGPT.

Character AI juga merupakan chatbot artificial intelligence (AI) berbasis language model (pemodelan bahasa). Lewat program ini, pengguna dapat mengajukan pertanyaan atau perintah untuk ditanggapi layaknya sedang mengobrol dengan sesama manusia.

Meski secara pengoperasian bisa dibilang mirip ChatGPT, namun Character AI punya fitur yang unik. Seperti namanya, Character AI dapat menyajikan ruang obrolan ke pengguna dengan berbagai macam karakter yang bisa dipilih.

Di Character AI, pengguna dapat memilih untuk mengobrol dengan berbagai karakter fiksi seperti tokoh dalam game, misal Mario, Luigi, atau Sonic. Kemudian, terdapat pula pilihan karakter fiksi tokoh publik, seperti Elon Musk, Mark Zuckerberg, atau Joe Biden.

Semua karakter bot itu punya gaya percakapan yang dibuat mirip dengan tokoh aslinya. Jadi, pengguna bisa seolah-olah sedang mengobrol dengan tokoh-tokoh tersebut di Character AI.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Character AI buat mengobrol dengan berbagai pilihan karakter? Character AI bisa diakses lewat website beta.character.ai. Bila penasaran ingin mencobanya, berikut adalah penjelasan cara menggunakan Character AI

Cara menggunakan Character AI

  • Buka halaman website Character AI ini https://beta.character.ai/ dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google.
  • Setelah berhasil masuk, pengguna bisa langsung memilih berbagai karakter untuk memulai percakapan.
  • Pilih bot dengan karakter tertentu yang hendak diajak mengobrol.
  • Setelah memilih karakter bot, ruang obrolan bakal terbuka.
  • Selanjutnya, silahkan mengirim pertanyaan atau perintah layaknya sedang melakukan chatting.
  • Bot dengan karakter tertentu itu bakal menanggapi pertanyaan atau perintah yang dikirim pengguna.
  • Character AI tidak hanya bisa membaca teks yang dimasukkan pengguna, tetapi juga gambar. Pengguna dapat memasukkan sebuah gambar dalam percakapan, lalu Character AI bisa mendeskripsikan gambar itu.

Ilustrasi cara menggunakan Character AI.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggunakan Character AI.

Cukup mudah bukan cara menggunakan Character AI buat mengobrol dengan berbagai pilihan karakter? Sebagai informasi tambahan, Character AI punya berbagai fitur lain yang menarik juga untuk dicoba.

Misalnya, pengguna bisa membuat bot dengan karakter sendiri yang sesuai dengan keinginan. Opsi pembuatan karakter bot ini dapat dijumpai di ikon tambah yang berada di halaman awal Character AI.

Baca juga: 5 Kelebihan GPT-4 Dibanding ChatGPT, Salah Satunya Bisa Deteksi Gambar

Selain itu, Character AI memiliki fitur pengolah gambar (image generator) dari teks. Demikianlah penjelasan seputar cara menggunakan Character AI yang tengah ramai buat mengobrol dengan berbagai pilihan karakter, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com