Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti Baru Fitur SOS di iPhone 14 Bukan Gimmick Semata

Kompas.com - 28/04/2023, 14:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Fitur komunikasi satelit yang hadir di iPhone 14 series kembali membuktikan bahwa fitur itu bukan gimmick semata.

Baru-baru ini, tiga mahasiswa asal Utah, Amerika Serikat yang tersesat ketika mendaki  (hiking), selamat berkat fitur komunikasi satelit iPhone 14.

Menurut laporan 9to5Mac, ketiga mahasiswa itu mendaki San Rafael Swell, Utah melalui The Squeeze yang terkenal salah satu ngarai (canyon) terbaik dan tersulit di Swell.

Ketiga mahasiswa itu sudah melakukan penelitian dan bersiap untuk pendakian di The Squeeze.

Namun, saat di lapangan, mereka ternyata menemui tantangan yang tidak terprediksi. Mereka terjebak dalam sebuah area yang dalam.

"Kami menduga bahwa musim dingin yang sangat basah di Utah mengubah canyon, sehingga menghasilkan skenario yang jauh lebih sulit daripada yang kami siapkan," kata salah satu mahasiswa, Jeremy Mumford.

Baca juga: iPhone yang Diremajakan Kuasai Pasar Ponsel Bekas Tahun 2022

Ketiganya terjebak di medan tersebut. Salah satu mahasiswa bahkan mengalami gejala hipotermia setelah terjebak di dalam air selama beberapa jam.

Kelompok itu kemudian mencapai area dalam lainnya di mana airnya mencapai setinggi dada mereka. Mereka mencoba untuk keluar dari medan itu, tapi ternyata tak bisa.

Menurut laporan, medan tempat ketiganya terdampar berada di antara dinding batu terjal dengan ke dalaman sekitar 500 kaki (setara 152,4 meter).

Dalam kondisi tersebut, mereka butuh bantuan darurat. Namun, ponsel mereka tidak mendapatkan jaringan seluler atau internet.

Di sinilah, peran fitur komunikasi satelit iPhone 14 untuk mengirimkan pesan Emergency SOS. Ketiga pendaki itu menggunakan iPhone 14 dan mengangkat ponsel itu setinggi mungkin untuk bisa menangkap sinyal satelit.

Menurut Mumford, iPhone 14 miliknya dapat menangkap koneksi satelit setiap 20 menit sekali.

Hal itu dimanfaatkan untuk mengirim pesan teks Emergency SOS ke 911 wilayah Emery County. Fitur komunikasi satelit iPhone 14 juga memberikan titik lokasi yang akurat meliputi garis lintang dan garis bujur dari lokasi.

Berkat fitur tersebut, tim SAR dapat menemukan dan menyelamatkan ketiganya yang terjebak di The Squeeze, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Jumat (28/4/2023).

Setelah keluar dari ngarai, ketiga mahasiswa itu memuji fitur Emergency SOS via satelit di iPhone 14.

Halaman:
Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com