Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Kamera iPhone 15 Pro Max, Punya Sensor Besar dan Lensa Periskop

Kompas.com - 28/04/2023, 19:11 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Twitter

KOMPAS.com - Apple disinyalir tengah sibuk mengembangkan suksesor dari iPhone 14 series yang diduga bernama "iPhone 15". Meski belum ada informasi yang resmi, sejumlah bocoran spesifikasi gawai tersebut sudah beredar di dunia maya.

Terbaru, iPhone 15 Pro Max kabarnya akan dibekali kamera utama dengan sensor Sony teranyar, yakni Sony IMX903 48 MP yang berukuran sekitar 1/1,14 inci.

Adapun informasi itu sendiri pertama kali diumbar oleh pembocor gadget kenamaan, Ice Universe, di jejaring sosial Twitter.

Baca juga: Inikah Penampakan USB-C Pertama di iPhone 15?

"Kamera utama iPhone makin meningkat setiap tahunnya, dari 15pm mendekati 1 inci. Peningkatan ini patut dipuji," tulisnya lewat akun dengan handle @UniverseIce, sebagaimana dikutip KompasTekno, Jumat (28/4/2023).

Ice Universe juga menulis perbandingan spesifikasi kamera utama untuk iPhone 11 Pro hingga iPhone 15 Pro Max.

Menurut perbandingan tersebut, iPhone 15 Pro Max dibekali sensor Sony IMX903 berukuran 1/1,14 inci yang lebih besar dari Sony IMX803 48 MP di iPhone 14 Pro Max dengan ukuran 1/1,28 inci.

Ukuran sensornya yang lebih besar memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke kamera, sehingga kualitas gambar menjadi lebih baik, terutama ketika memotret di lingkungan yang minim cahaya.

iPhone 15 Pro Max juga disebut akan memiliki tonjolan kamera belakang yang lebih besar dibanding pendahulunya. Rumor ini pun sejalan dengan bocoran tampang dalam bentuk render tiga dimensi iPhone 15 Pro yang beredar pada 7 April lalu.

"Benjolan" ini konon akan mengharuskan pengguna untuk membeli aksesori casing yang baru. Sebab, casing iPhone 14 Pro Max kemungkinan lebih kecil daripada ukuran iPhone 15 Pro Max.

Kembali ke cuitan Ice universe, komparasi spesifikasi kamera itu hanya menyinggung iPhone 15 Pro Max saja, bukan iPhone 15 Pro.

Hal ini dikarenakan adanya rumor bahwa sensor kamera Sony IMX903 hanya tersedia secara eksklusif di model Pro Max. Sementara itu, iPhone 15 Pro menggunakan Sony IMX803 seperti pendahulunya.

Baca juga: iPhone yang Diremajakan Kuasai Pasar Ponsel Bekas Tahun 2022

Selain itu, iPhone 15 Pro Max juga dilaporkan akan mendapatkan fitur baru lainnya, salah satunya adalah lensa periskop yang mendukung zoom optik hingga 6x.

Di sisi lain, zoom optik iPhone 15 Pro kabarnya hanya mentok di 3x saja seperti iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Bocoran fitur iPhone 15 Pro Max

Selain kamera, sejumlah bocoran fitur iPhone 15 Pro Max sudah berseliweran di jagat maya.

Contohnya saja dari jeroannya yang konon akan dibekali chipset anyar besutan Apple, A17 Bionic. Chipset berfabrikasi 3 nm tersebut akan menghadirkan peningkatan performa serta efisiensi daya pada perangkat.

Selain meningkatkan performa gawai, iPhone 15 Pro Max akan mengalami perubahan desain. Ponsel kelas atas ini kabarnya tidak akan menggunakan bingkai berbahan baja nirkarat, tetapi material titanium.

Masih soal desain, smartphone dengan embel-embel "Pro Max" ini konon bakal dirancang dengan bezel yang sangat tipis, diikuti layar datar dan tepian yang melengkung.

Deretan fitur lainnya yang bocor mencakup colokan USB-C, jaringan Wi-Fi 6E, RAM 8 GB, serta tombol volume dan daya yang menggunakan teknologi solid-state, bukan tombol fisik.

Perlu dicatat, sejumlah fitur yang dipaparkan di atas masih bersifat rumor saja. Sampai penulisan artikel ini pun, Apple belum mengonfirmasi kehadiran iPhone 15 series beserta spesifikasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com