Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bookmark Pesan WhatsApp Agar Tidak Hilang dan Terhapus

Kompas.com - 29/04/2023, 16:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp resmi meluncurkan fitur baru yakni “Keep in Chat” (Pertahankan di Chat). Fitur baru ini memungkinkan pengguna mem-bookmark atau menyimpan pesan yang dikirim dengan mengaktifkan mode Disappearing Message (Pesan Sementara).

Seperti yang diketahui fitur Disappearing Message sendiri dapat menghapus pesan di ruang obrolan si penerima dan pengirim. Maka dari itu fitur terbaru “Keep in Chat” ini memungkinkan pesan bisa dibaca meskupun sudah terhapus otomatis.

Dirangkum dari KompasTekno, pengguna yang mengaktifkan fitur Disappearing Message dapat mengetuk pesan lebih lama (long press) untuk menyimpannya. Setelah menahan chat tersebut nantinya akan muncul akun “Bookmark” di sisi atas chat.

Fitur ini terletak berada di antara ikon “reply” dan “trash”. Saat menyimpan chat yang dikirim dengan mode Dissapearing Message aktif, pengirim nantinya akan mendapatkan notifikasi apakah mengizinkan penerima pesan menyimpan chat tersebut atau tidak.

Lantas bagaimana cara bookmark chat WA agar tidak terhapus? Selengkapnya berikut ini langkah-langkahnya. 

Baca juga: Pesan WhatsApp yang Terhapus Otomatis Kini Bisa Disimpan, tapi...

Cara bookmark pesan WhatsApp

  • Buka chat WhatsApp Anda
  • Ketuk dan tahan chat yang ingin di-bookmark
  • Nantinya di sisi atas chat akan muncul ikon “Bookmark” di antara ikon “Reply” dan “Trash
  • Klik ikon “Bookmark” untuk menyimpan chat
  • Setelah menyimpan, pengirim akan menerima notifikasi bahwa apakah penerima bisa menyimpan chat tersebut atau tidak
  • Apabila pengirim mengizinkan, chat akan tersimpan di WhatsApp dan ditandai dengan ikon bookmark
  • Penerima pun dapat melihat pesan yang disimpan di folder “Kept Messages”. Pesan yang disimpan tidak akan hilang dari chat. Pengirim dan penerima pun bisa sama-sama tetap melihatnya.
  • Apabila pengirim tidak mengizinkan untuk menyimpannya, maka pesan akan terhapus secara otomatis saat timer pesan sementara berakhir. Sebagai informasi bahwa durasi timer pesan akan dibagi menjadi 24 jam, 7 hari, hingga paling lama 90 hari

Baca juga: Resmi, Satu Akun WhatsApp Bisa Dipakai di 4 HP Sekaligus

Sebagai informasi dilansir dari blog resmi WhatsApp, fitur "Keep in Chat" masih belum digelontorkan secara merata.

Namun berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur ini sudah tersedia bagi pengguna WhatsApp Android versi beta (2.23.9.5). Namun bagi pengguna WhatsApp versi non-beta nampaknya harus bersabar dan mengecek secara berkala mengenai pembaruan fitur satu ini di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS). 

Tak hanya fitur bookmark, pengguna juga bisa menikmati pembaruan terbaru dari WhatsApp yakni satu akun dapat digunakan hingga empat HP. Adapun cara pakai satu nomor WhatsApp di empat HP sekaligus dapat disimak pada artikel “Cara Pakai 1 Nomor WhatsApp di 4 HP Sekaligus”.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com