Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hapus Semua E-mail Gmail Sekaligus dengan Cepat dan Mudah

Kompas.com - 01/05/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pesan elektronik atau e-mail yang masuk di Gmail kita, bila dibiarkan terus-menerus, lambat-laun bisa memenuhi penyimpanan yang disediakan Google. Sebagai informasi, Google menyediakan penyimpanan secara gratis sebesar 15 GB per akun.

Penyimpanan tersebut berfungsi untuk menyimpan data secara online pada tiga platform Google yang terdiri dari Gmail, Google Drive, dan Google Photos. Penyimpanan itu bisa penuh salah satunya karena e-mail Gmail yang menumpuk.

Baca juga: 3 Cara Melihat Alamat E-mail Google Sendiri Saat Lupa dengan Mudah di HP

Oleh karena itu, supaya penyimpanan itu tak cepat penuh, pengguna bisa menghapus semua e-mail Gmail yang mungkin sudah tidak penting lagi. Lantas, bagaimana cara menghapus e-mail sekaligus dalam jumlah banyak?

Menghapus e-mail Gmail sekaligus bisa dilakukan dengan mudah, tetapi terdapat satu hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Untuk diketahui, menghapus e-mail Gmail sekaligus tidak bisa dilakukan melalui aplikasi Gmail di ponsel.

Dikutip dari laman resmi Google, menghapus e-mail Gmail sekaligus dalam jumlah banyak hanya dapat dilakukan melalui browser di laptop atau komputer. Setelah memahami itu, berikut adalah cara menghapus semua e-mail Gmail sekaligus.

Cara menghapus semua e-mail Gmail sekaligus

  • Buka Gmail melalui browser di laptop atau komputer dan pastikan telah login akun.
  • Setelah terbuka, silakan pilih menu “Kotak Masuk”.
  • Kemudian, klik ikon panah yang berada di samping kanan persis kotak centang, lalu pilih opsi “Semua”.
    Ilustrasi cara menghapus semua e-mai Gmail sekaligus.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus semua e-mai Gmail sekaligus.
  • Semua pesan yang terdapat di halaman pertama “Kotak Masuk” bakal tercentang.
  • Selanjutnya, klik opsi “Hapus” untuk menghapus semua pesan yang telah tercentang.
  • Pesan yang dihapus bakal berpindah ke folder “Sampah”. Setelah 30 hari, pesan di folder “Sampah” bakal dihapus secara permanen dan otomatis.
    ilustrasi cara menghapus e-mail Gmail sekaligus.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah ilustrasi cara menghapus e-mail Gmail sekaligus.

Cukup mudah bukan cara menghapus semua e-mail Gmail sekaligus? Sebagai informasi tambahan, e-mail Gmail tidak bisa dihapus semuanya dalam satu kali tindakan. Pengguna hanya bisa menghapus 50 e-mail Gmail dalam sekali tindakan.

Bila 50 pesan telah terhapus, pengguna bisa melanjutkannya lagi untuk menghapus 50 pesan lagi secara sekaligus. Meski tidak bisa menghapus semua dalam satu kali tindakan, setidaknya cara ini cukup berguna buat menghapus e-mail Gmail dalam jumlah banyak.

Baca juga: Cara Melihat Akun Google Telah Login di Perangkat Mana Saja dengan Mudah

Pengguna jadi tak perlu repot menghapus satu per satu e-mail Gmail. Demikianlah penjelasan mengenai cara menghapus semua e-mail Gmail sekaligus dengan mudah, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com