Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INDONESIA TERHUBUNG

INDONESIA TERHUBUNG

Ini Cara Mengatasi Lampu Merah Berkedip pada Modem Internet

Kompas.com - 02/05/2023, 11:45 WIB
Nada Zeitalini Arani,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sedang asyik berselancar di dunia maya, tiba-tiba jaringan internet rumah putus. Kondisi ini seketika bisa membuat bete seisi rumah.

Bagaimana tidak? Sebagian besar masyarakat Indonesia memanfaatkan jaringan internet fiber optic yang disalurkan melalui modem WiFi di rumah, selain layanan seluler pada ponsel.

Di samping lebih hemat, fiber optic menawarkan jaringan internet yang lebih cepat dan stabil. Namun, ketika jaringan internet melalui modem WiFi terputus, hal ini berpengaruh terhadap aktivitas internet seluruh anggota keluarga di rumah.

Jaringan internet putus biasanya terlihat dari indikator lampu LOS merah yang berkedip pada modem. Penyebab kondisi ini bermacam-macam.

Pertama, kabel longgar, rusak, dan terputus. Kabel yang dimaksud adalah kabel optik pada modem atau yang terkoneksi dengan tiang provider. Kedua, masalah pada modem. Modem yang mengalami eror juga menjadi salah satu penyebab lampu LOS merah berkedip.

Ketiga, redaman kabel yang terlalu tinggi. Jika nilai redaman kabel pada modem terlalu tinggi, sinyal internet tidak akan tersalurkan dengan lancar.

Keempat, perbaikan jaringan oleh provider. Lampu merah LOS berkedip bisa disebabkan perbaikan jaringan oleh provider. Biasanya, provider akan mengabari pelanggan jika hendak melakukan perbaikan jaringan.

Setelah mengetahui penyebab lampu LOS merah berkedip, kamu dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara-cara berikut.

1. Restart modem

Langkah pertama dan termudah, kamu bisa me-restart modem. Hal ini dilakukan untuk me-refresh jaringan internet selama beberapa menit. Sebab, bisa saja penyebab lampu LOS merah berkedip adalah modem error.

Cara me-restart modem adalah sebagai berikut.

1. Tekan tombol power
2. Tunggu sampai lampu pada modem mati
3. Cabut colokan listrik modem
4. Tunggu beberapa menit
5. Nyalakan modem kembali

Jika cara ini tidak berhasil, Anda bisa melanjutkan ke cara berikutnya.

2. Lepas kabel patch cord

Cara selanjutnya adalah melepas kabel patch cord. Untuk diketahui, kabel patch cord berwarna kuning dengan kepala konektor berwarna biru. Kabel ini berfungsi sebagai salah satu pengaturan rute koneksi dari perangkat modem.

Sebelum melepas, matikan terlebih dahulu modem. Setelah itu, copot kabel patch cord. Cek kabel untuk memastikan tidak ada kerusakan. Kemudian, pasang dan nyalakan kembali modem.

3. Cek kabel optik

Langkah ketiga, kamu bisa mengecek kabel optik yang terhubung dengan modem. Pastikan kabel ini tidak ada yang rusak. Jika rusak, segera ganti dengan kabel optik baru.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com