Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Perbaiki "Anehnya" Fitur Polling di Grup Percakapan

Kompas.com - 02/05/2023, 13:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp merilis perbaikian untuk fitur polling atau jajak pendapat yang tersedia dalam grup percakapan. Fitur polling ini sebelumnya memiliki keanehan, karena pengguna bisa menjawab lebih dari satu opsi.

Kini dengan update ini, pengguna hanya bisa memilih satu jawaban dari beberapa opsi jawaban yang tersedia di polling.

Semula, pengguna bisa memilih lebih dari satu opsi jawaban atau jawaban ganda. Sang pembuat polling sendiri tidak memiliki kendali untuk mengatur pemilihan jajak pendapat tersebut.

Konsep itu membuat kesimpulan polling kurang akurat karena jumlah suaranya yang tidak tepat. Nah, dengan batasan yang diterapkan, hasil polling bakal lebih akurat karena setiap pengguna hanya bisa memilih satu opsi saja.

Baca juga: Begini Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, fitur yang membatasi opsi jawaban polling akan tersedia saat pengguna membuat jajak pendapat. Terdapat menu "Allow multiple answers" (Izinkan jawaban ganda).

Ketika menu tersebut diaktifkan, maka pengguna bisa memilih lebih dari satu opsi polling yang tersedia.

Fitur polling WhatsApp dibatasiWABetaInfo Fitur polling WhatsApp dibatasi

Namun ketika menu itu tidak diaktifkan, maka pengguna hanya bisa memilih satu opsi jawaban saja.

Pembaruan yang membatasi pengguna memilih jawaban polling tersedia dalam aplikasi WhatsApp versi 23.8.78 untuk perangkat berbasis iOS. Pembaruan ini sudah digulirkan WhatsApp di App Store.

Di toko aplikasi milik Apple itu, WhatsApp juga mencantumkan changelog sederet fitur baru yang menyertai pembaruan aplikasi.

Selain batasan fitur pemilihan polling, pengguna juga kebagian fitur pembuatan stiker sendiri. Ada pula fitur yang bakal mencantumkan deskripsi pada pesan yang diteruskan.

Baca juga: Discord Akuisisi Gas, Aplikasi Polling yang Ngetren di Kalangan Remaja

Sayangnya sejauh ini belum ada informasi apakah fitur pembatasan jawaban polling bakal digulirkan untuk perangkat Android atau tidak.

Fitur polling sendiri dirilis WhatsApp pada akhir tahun 2022. Seperti namanya, Polling memungkinkan seseorang membuat daftar pilihan dalam percakapan grup. Di grup WA, anggota grup dapat memilih opsi yang tersedia sesuai dengan pilihannya.

Kemunculan fitur Polling di WhatsApp mempermudah sejumlah anggota dalam grup ketika ingin mengambil keputusan. Misalnya, menentukan waktu pertemuan rapat, titik temu, menu makan siang, dan lainnya.

Polling yang dibuat dapat dipilih oleh pembuat polling, di-reply dengan menggeser gelembung chat tersebut ke arah kanan, diberi reaksi (emoji reactions), layaknya pesan pada umumnya. Namun tidak bisa diteruskan (forward) ke percakapan lain.

Polling tersebut juga memungkinkan peserta untuk menarik jawaban vote yang sudah dipilih, alias undo jawaban vote. Lalu, polling juga tidak dibatasi oleh tenggat waktu, sehingga bisa dikatakan voting tersebut terbuka dan bisa dipilih setiap saat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com