Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi AI Voice Generator yang Lagi Ramai buat Ganti Lagu dengan Suara Orang Lain

Kompas.com - 02/05/2023, 17:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini di beberapa media sosial seperti TikTok, ramai unggahan beberapa lagu yang dinyanyikan oleh tiruan suara orang lain. Salah satu contohnya bisa dilihat lewat unggahan TikTok dari akun dengan handle @dhamz._.

Baca juga: Ramai Chatbot dengan Berbagai Pilihan Karakter, Ini Cara Menggunakan Character AI

@dhamz._ Membalas @fixxx_07 nii bang #aicover #fyp #jokowi #asmalibrasi ? ASMALIBRASI _ ALI XD - TRIPLEEMPAT [LM]

Pada unggahan tersebut, lagu “Asmalibrasi” dari band Soegi Bornean terdengar dinyanyikan oleh suara yang mirip dengan Presiden Joko Widodo. Kemudian, contoh lain juga bisa dilihat lewat unggahan TikTok dari akun dengan handle @ianyxi_ di bawah ini.

@ianyxi_ Membalas @hydrophobic Komang - Ariana Grande (@Raim Laode ) #komang #komangraimlaode #arianagrande ? Komang - Raim Laode

Dalam unggahan itu, lagu “Komang” dari penyanyi asal Indonesia Raim Laode terdengar dinyanyikan oleh suara yang mirip dengan penyanyi internasional Ariana Grande. Dari dua contoh di atas, suara yang melantunkan lagu itu sejatinya bukan suara tokoh asli.

Lantas, bagaimana lagu-lagu itu bisa punya suara orang lain yang kecil kemungkinan melantunkannya? Suara orang lain yang terdapat di lagu-lagu tersebut bisa timbul karena memanfaatkan aplikasi AI Voice Generator.

Lalu, apa itu AI Voice Generator? Untuk diketahui, AI Voice Generator adalah program artificial intelligence yang dapat menghasilkan audio baru dengan memadankan dataset (sekumpulan data) dan input data berupa teks atau audio .

AI Voice Generator memiliki sekumpulan data karakter suara orang. Ketika data teks atau audio dimasukkan ke AI Voice Generator, program itu bakal mengolahnya menjadi audio baru dengan karakter suara orang tertentu yang sesuai pilihan pengguna.

Di internet saat ini, terdapat berbagai macam AI Voice Generator. Bila tertarik untuk menggunakannya, berikut adalah daftar aplikasi AI Voice Generator.

Aplikasi AI Voice Generator

1. Lovo.ai

Ilustrasi aplikasi AI Voice Generator Lovo.ai.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi aplikasi AI Voice Generator Lovo.ai.

Aplikasi AI Voice Generator yang pertama adalah Lovo.ai. Aplikasi ini memungkinkan pengguna buat membuat audio dengan memasukkan teks. Karakter suara orang di Lovo.ai cukup lengkap, yang dibedakan berdasar umur, bahasa, dan tujuan penggunaannya.

Tiap karakter suara orang di Lovo.ai memiliki kekhasan nada yang dapat dipakai untuk beragam tujuan, seperti karakter suara buat hiburan, edukasi, siaran berita, dan sebagainya. Untuk menggunakannya, silakan kunjungi langsung website ini https://lovo.ai/.

2. Murf.ai

Ilustrasi aplikasi AI Voice Generator Murf.ai.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi aplikasi AI Voice Generator Murf.ai.

Kedua, terdapat aplikasi AI Voice Generator bernama Murf.ai. Mirip dengan Lovo.ai, Murf.ai juga memiliki kemampuan mengolah data teks menjadi audio baru dengan berbagai macam karakter suara.

Selain data teks, Murf.ai juga bisa bisa mengolah data audio untuk menjadi audio baru dengan karakter suara yang berbeda. Pengguna bisa menjajal Murf.ai dengan mengunjungi website ini https://murf.ai/.

3. Play.ht

Ilustrasi aplikasi AI Voice Generator Play.ht.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi aplikasi AI Voice Generator Play.ht.

Aplikasi AI Voice Generator yang ketiga adalah Play.ht. Aplikasi ini memiliki fitur utama untuk mengolah data teks menjadi audio baru. Di Play.ht, pengguna bisa memilih berbagai karakter suara untuk melantunkan data teks yang dimasukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com