Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Reels Bisa Diatur Tayangkan Video Kesukaan, Begini Caranya

Kompas.com - 04/05/2023, 07:25 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Meta, perusahaan induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram mengumumkan kontrol baru yang memungkinkan pengguna mengatur Facebook Reels yang tayang di Feed.

Facebook Reels sendiri secara umum menampilkan beragam konten secara acak. Nah, dengan fitur kontrol baru ini, konten Reels yang muncul akan lebih relevan dengan minat setiap pengguna.

"Kami memperkenalkan kontrol personalisasi baru untuk Reels, yang memungkinkan Anda menyesuaikan apa yang ingin Anda lihat lebih sering atau tidak, sehingga video yang tayang lebih relevan," demikian kata pihak Meta mengumumkan fitur itu, dikutip KompasTekno dari laman resmi Facebook.

Fitur kontrol baru itu bisa diakses pada menu dengan ikon tiga titik pada setiap Facebook Reels yang ada di Feed.

Baca juga: Makin Mirip TikTok, Instagram Rilis Fitur Trending untuk Reels

Ketika menu pada ikon tiga titik diklik, pengguna akan menemukan opsi "Show more" (Tampilkan lebih banyak) dan "Show less" (Tampilkan lebih sedikit), berdampingan dengan fitur lain untuk mengelola Facebook Reels.

Misalnya jika pengguna menemukan dan menyukai konten terkait kopi, mereka bisa menekan opsi "Show more" agar konten serupa lebih banyak tampil di Feed Facebook.

Sebaliknya, bila pengguna tidak menyukai konten terkait kopi, mereka bisa menekan opsi "Show less" agar konten serupa dikurangi dari Feed Facebook.

Setelah memilih salah satu dari dua opsi di atas, pengguna juga bisa mengurungkannya dengan menekan tombol "undo" yang tersedia pada tampilan Facebook.

Fitur kontrol Facebook ReelsKompas.com/Lely Maulida Fitur kontrol Facebook Reels

Mirip Tiktok

Fitur kontrol ini sebenarnya tidak begitu baru bagi pengguna Facebook. Sebab, fitur serupa sudah tersedia pada aplikasi media sosial tersebut untuk konten lainnya yang tayang di Feed Facebook.

Baca juga: Instagram Reels Makin Laris Berkat Kecerdasan Buatan ala TikTok

Serupa dengan fitur kontrol Facebook Reels, pengguna juga bisa memilah postingan mana yang ingin lebih sering dilihat atau sebaliknya dari Feed.

Selain itu, fitur kontrol ini juga terbilang mirip dengan fitur For You yang ada di TikTok. Pada laman For You, pengguna hanya akan menemukan konten yang relevan dengan minatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com