Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gmail Kini Punya Centang Biru Mirip Twitter dan Instagram

Kompas.com - 04/05/2023, 16:01 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google menambahkan lencana centang biru pada layanan surat elektronik (surel/e-mail) Gmail. Seperti Instagram, Twitter, dan beberapa layanan lainnya, centang biru tersebut berfungsi sebagai validasi keaslian akun pengguna secara resmi.

Centang biru di Gmail akan terlihat di samping nama akun pengguna. Ikonnya tampil dengan centang berwarna putih, dibalut lingkaran biru bergerigi.

Ketika pengguna mengarahkan kursor ke ikon tersebut, akan muncul keterangan yang menjelaskan bahwa akun terkait sudah terverifikasi oleh Google.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Login Gmail Bisa Tanpa Ketik Password

Ikon centang biru di Gmail akan muncul secara otomatis, khususnya bagi akun Gmail kalangan bisnis yang sudah mengadopsi fitur Brand Indicators for Message Identification (BIMI).

Ilustrasi centang biru GmailGoogle Ilustrasi centang biru Gmail

BIMI merupakan fitur Gmail yang sudah ada sejak tahun 2021. Fitur ini ditujukan untuk autentikasi akun tertentu, khususnya kalangan bisnis guna memverifikasi logo merek perusahaan yang tampil di avatar Gmail.

Fitur BIMI sendiri terbilang ketat, sehingga tidak semua pengguna bisa dengan mudah memakainya. Karena ketatnya fitur tersebut, penambahan centang biru dilakukan secara otomatis tanpa perlu tahapan tambahan.

Menurut pihak Google, hadirnya ikon centang biru akan membantu pengguna mengidentifikasi pesan dari pengirim yang resmi maupun palsu. Selain itu, praktik ini juga dinilai bisa meminimalkan spam serta memperkuat branding perusahaan dan menciptakan ekosistem e-mail yang lebih baik.

Baca juga: Google Terbitkan Peringatan bagi Semua Pengguna Gmail

"Autentikasi e-mail yang kuat membantu pengguna dan sistem keamanan e-mail untuk mengidentifikasi dan menghentikan spam, serta memungkinkan pengirim (e-mail) meningkatkan kepercayaan terhadap merek mereka," demikian kata pihak Google dikutip KompasTekno dari blog Google, Kamis (4/5/2023).

Perlu diperhatikan, pengaturan ini akan lebih berdampak pada sisi admin atau pengirim pesan. Sehingga end user atau penerima, tidak perlu menerapkan setting apapun. Penerima pesan hanya akan melihat adanya lencana centang biru di sebelah nama pengirim e-mail.

Melansir 9to5 Google, fitur ini akan mulai digulirkan mulai 3 Mei 2023 secara bertahap hingga beberapa pekan ke depan. Fitur ini akan tersedia bagi pengguna Google Workspace maupun pengguna Google Accounts personal.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, pengguna Gmail di Indonesia saat ini masih banyak yang belum bisa melihat centang biru di akun Gmail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com