Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati Saat Rekam Konser dengan HP, Kamera Bisa Rusak

Kompas.com - 05/05/2023, 13:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Niat hati ingin mengabadikan momen saat menonton konser musisi favorit malah berujung kamera handphone (HP) rusak gara-gara terkena lampu laser.

Hal itulah yang terjadi kepada seorang penonton konser penyanyi rap asal Italia, Geolier, di Napoli, Italia, pada 19 April 2023.

Dalam sebuah video berdurasi 17 detik yang dibagikan di saluran YouTube ViralHog, Geolier terlihat sedang bernyanyi di atas panggung. Seperti konser musik pada umumnya, panggung tersebut juga dipercantik dengan pencahayaan dari lampu sorot.

Salah satu lampu laser terlihat menyorot dari arah atas ke bawah secara cepat dan berulang. Nah, kamera HP penonton tadi pun tersorot lampu laser itu secara langsung. Setelah beberapa kali tersorot laser, kamera HP terlihat langsung menampilkan garis hitam di seluruh layar.

Baca juga: Memotret Konser Raisa Menggunakan Telefoto Samsung Galaxy S23 Ultra

Garis-garis hitam itu pun tak hilang dan terus terlihat di sepanjang rekaman video konser. Hal ini mengindikasikan bahwa sensor kamera HP tersebut kemungkinan rusak setelah terkena sinar laser dari panggung.

Tangkapan layar sensor HP rusak setelah terkena sinar laser secara langsung di konser musik.YouTube/ ViralHog Tangkapan layar sensor HP rusak setelah terkena sinar laser secara langsung di konser musik.
Sayangnya, video rekaman itu tidak memberikan informasi soal model smartphone yang dipakai, pun tak ada informasi soal siapa sang pemilik ponsel.

Ini bukan pertama kalinya sinar laser merusak sensor kamera. Pada tahun 2010, seorang fotografer juga harus merelakan kamera Canon 5D Mark II miliknya setelah sensor kamera tersebut rusak saat terkena sinar laser secara langsung.

Kasus lainnya, seorang pria yang menghadiri Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas mengatakan bahwa LIDAR yang dipasang di mobil secara permanen merusak sensor di kamera Sony Alpha 7R Mark II miliknya.

Menurut laporan PetaPixel, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (5/5/2023), laser penghapus tato juga disebut pernah membuat sensor kamera Sony Alpha 7S rusak.

Baca juga: Konser Virtual Diprediksi Akan Jadi Tren

Kata Sony soal dampak sinar laser ke sensor kamera

Sony memang dikenal sebagai produsen pembuat sensor kamera, baik kamera ponsel maupun kamera DSLR/mirrorless.

Dalam laman Sony Support, Sony menjawab pertanyaan soal "apakah sensor kamera bisa rusak oleh laser?".

Dalam keterangannya, Sony membenarkan bahwa sensor gambar kamera yang menyorot sinar laser secara langsung bisa rusak.

"Kecenderungan kerusakan langsung atau tidak langsung pada Sensor CMOS kamera masih sangat tinggi ketika ada pertunjukan sinar laser (termasuk pantulan sinar laser dari objek reflektif)," tulis Sony.

Untuk itu, Sony mengimbau pengguna untuk tidak menyorot sinar laser secara langsung dengan kamera miliknya. Selain itu, Sony juga menyarankan agar pengguna selalu menggunakan tutup lensa untuk menutupi lensa atau menyimpannya di tas kamera saat tidak digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com