Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Video Viral TikTok Bikin Presiden Jokowi Rasakan Jalan Rusak di Lampung, Janji Perbaiki...

Kompas.com - 05/05/2023, 15:45 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berawal dari video viral di media sosial TikTok, jalanrusak di Lampung akhirnya ditinjau oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Bahkan, orang nomor satu itu berjanji pemerintah akan mengambil alih pembangunan jalan di Lampung jika pemerintah daerah tidak bisa memperbaiki jalan rusak di Lampung.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi provinsi Lampung hari ini, Jumat (5/5/2023) untuk mengecek langsung kondisi jalan raya yang rusak di daerah tersebut.

Momen kunjungan presiden tersebut diabadikan oleh Agus Suparto, fotografer resmi kepresidenan, dalam sebuah video. Video itu kemudian dibagikan kepada wartawan Istana Kepresidenan.

Baca juga: Cara Membuat Foto Profil TikTok Transparan biar Lebih Unik

Berdasarkan video tersebut, Jokowi tampak melintasi jalan yang rusak dengan menggunakan mobil Kepresidenan. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga tampak mengawal mobil berpelat merah bertuliskan "Indonesia" tersebut.

Adapun jalan yang dilalui Jokowi, menurut keterangan Agus Suparto, yaitu Jl Terusan Ryacudu, Marga Agung, Kec. Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Video itu turut merekam kondisi fisik jalan Terusan Ryacudu yang rusak parah. Tampak lubang yang menganga cukup besar, genangan air hingga aspal yang sebagian besar sudah mengelupas.

Presiden Joko Widodo melintasi jalanan rusak dalam kunjungannya ke Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023). Dalam kunjungan ini Jokowi menyatakan jika pemerintah daerah tak mampu memperbaiki jalan yang rusak maka akan ditarik ke pusat.Istimewa/Agus Suparto Presiden Joko Widodo melintasi jalanan rusak dalam kunjungannya ke Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023). Dalam kunjungan ini Jokowi menyatakan jika pemerintah daerah tak mampu memperbaiki jalan yang rusak maka akan ditarik ke pusat.

Kondisi tersebut tidak hanya ditemukan di satu titik melainkan di banyak lokasi, bahkan jalan raya yang dilewati presiden itu lebih banyak berlapis tanah dan pasir dibanding aspal. Alhasil, mobil kepresidenan pun melintasi jalan raya cukup pelan.

Begitu pula dengan motor Paspampres yang mengurangi kecepatan laju kendaraannya.

Presiden Joko Widodo pun menginstruksikan agar perbaikan jalan-jalan yang rusak di Lampung segera dimulai.

Baca juga: HP Baru untuk Sabrila dari Presiden Jokowi...

Ia menyakatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal mengambil alih proyek perbaikan itu jika pemerintah daerah tidak mampu menanganinya.

"Yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan, kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh Kementerian PU, utamanya yang jalannya rusak parah," kata Jokowi seusai berkunjung ke Pasar Natar, Lampung Selatan, Jumat (5/5/2023), dikutip dari YouTube Kompas TV.

Berawal dari video viral di TikTok

Kunjungan Jokowi ke Lampung sendiri salah satunya dipicu oleh kritikan dari TikTokers Bima Yudho Saputro dengan akun berhandle @awbimaxreborn.

Baca juga: Kronologi TikTokter Bima Dipolisikan Usai Bikin Video Alasan Kenapa Lampung Gak Maju-maju

Melalui akunnya itu, Bima membuat konten presentasi bertajuk alasan Lampung tidak maju-maju". Dalam video itu Bima mengkritik banyak sektor, mulai dari infrastruktur hingga tingkat kriminalitas di Lampung.

Secara khusus soal infrastuktur, Bima Yudho berpandangan, infrastruktur di Lampung banyak yang rusak.

TikTokers Bima Yudho Saputro atau dikenal dengan Awbimax Reborn viral setelah mengkritik Lampung sulit menjadi daerah maju.TIKTOK @awbimaxreborn TikTokers Bima Yudho Saputro atau dikenal dengan Awbimax Reborn viral setelah mengkritik Lampung sulit menjadi daerah maju.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com