Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Photos Bisa Cari Koleksi Foto Lebih Detail

Kompas.com - 06/05/2023, 08:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Layanan penyimpanan foto Google, Google Photos, meningkatkan salah satu fitur yang cukup sering digunakan pengguna, yaitu fitur search bar (kolom pencarian).

Fitur search bar berfungsi untuk memudahkan pengguna mencari foto atau video lama yang sudah tertumpuk dengan file baru. Pengguna bisa mengetik kata kunci berdasarkan tanggal, lokasi, dan waktu untuk menemukan foto dan video lama.

Nah, peningkatan yang dilakukan Google kali ini adalah memungkinkan pengguna mengetik kata kunci alias kueri yang lebih kompleks dan panjang ketimbang sebelumnya.

Baca juga: Cara Menghapus Foto di Google Photos untuk Menghemat Ruang Penyimpanan

Menurut laporan dari 9to5Google yang dikutip KompasTekno, Sabtu (6/5/2023), ketika pengguna mengakses Google Photos di website dan mengetik kata kunci di kolom pencarian, misal “langit sore”, muncul notifikasi berwarna biru di website yang tertulis seperti ini

“Coba lakukan pencarian yang lebih kuat”.

Google meningkatkan fitur search bar di Google Photos agar pengguna dapat mencari foto ataupun video dengan hasil penemuan yang lebih spesifik9to5Google Google meningkatkan fitur search bar di Google Photos agar pengguna dapat mencari foto ataupun video dengan hasil penemuan yang lebih spesifik

Setelah melakukan pencarian, sistem akan menunjukkan notifikasi baru lainnya yang tertulis "Baru, eksploarasi hasil (gambar) yang lebih relevan".

Informasi di atas mengindikasikan bahwa search bar di Google Photos kini mendukung pencarian kata kunci yang lebih panjang dan detail. Tujuannya agar sistem bisa lebih mudah mencari foto yang sesuai keinginan pengguna.

Alih-alih menggunakan kata kunci “langit sore”, kolom pencarian bakal meminta pengguna menjelaskan foto yang dimaksud dengan detail yang lebih panjang.

Contohnya, “langit sore yang berwarna”, “langit sore saat matahari terbenam”, “taman yang tenang”, dan sebagainya. Semakin panjang dan detil kata kunci yang dicari, semakin spesifik dan akurat juga hasil foto yang akan ditampilkan Google Photos.

Baca juga: Membandingkan Google Photos Setelah Unlimited Gratis Disetop

Bahkan, pengguna yang menandai (tag) wajah orang yang ada di dalam gambar, pencarian foto dapat menggunakan nama orang yang ingin dicari. Sebagai contoh, “Caroline yang sedang duduk di Taman Menteng” atau “Caroline yang berdiri di depan gedung Kota Tua”.

Sistem akan secara otomatis menampilkan gambar paling relevan sesuai kueri yang dicari, kemudian baru menampilkan hasil yang diurutkan berdasarkan relevansi, bukan berdasarkan tanggal/waktu.

Merujuk pada pernyataan juru bicara Google, peningkatan fitur ini dilakukan untuk mempermudah pengguna menemukan dan menghidupkan kembali foto dan video lama yang sudah tersimpan.

“Google selalu bereskperimen dengan cara baru untuk membantu pengguna menemukan dan menghidupkan kembali foto dan video mereka. Eksperimen ini memungkinkan pengguna mencari kueri yang lebih kompleks agar proses pencarian foto dan video bisa lebih mudah,” ujar juru bicara Google.

Baca juga: Cara Mudah Menghapus Foto yang Blur di Google Photos

Kendati begitu, fitur ini tampaknya baru tersedia untuk Google Photos versi web saja. Menurut laporan yang sama dari 9to5Google, pencarian gambar menggunakan kata kunci yang sama di aplikasi versi mobile tidak menampilkan hasil apapun.

Kebaruan fitur ini juga baru tersedia untuk beberapa kalangan pengguna saja. Namun, Google memastikan bahwa peningkatan fitur search bar bakal segera digelontorkan ke publik dalam waktu dekat.

Pantauan KompasTekno, Sabtu (6/5/2023), fitur ini belum tersedia untuk pengguna Indonesia. Bila ingin mendapatkan update terkini, Anda bisa melakukan pembaruan aplikasi di Google Playstore atau mengecek Google Photos di website secara berkala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com