Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Business Siapkan Fitur Baru untuk Pelaku UMKM agar Makin "Cuan"

Kompas.com - 06/05/2023, 10:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - WhatsApp Business atau WA Bisnis dilaporkan tengah menyiapkan fitur baru yang cocok untuk pelaku usaha menengah, kecil, dan menengah (UMKM).

Fitur baru ini akan memberi pelaku bisnis lebih banyak kontrol untuk pesan promosi di WhatsApp Bisnis. Setidaknya begitu yang dilaporkan oleh WABetaInfo, situs yang kerap memberikan kisi-kisi fitur baru WhatsApp sebelum resmi dirilis.

Fitur baru WhatsApp Business ini dapat digunakan untuk menyebar promosi yang dipersonalisasi, pengingat, serta obral liburan.

Secara teori, penyebaran promosi yang lebih efektif, memungkinkan pengusaha memperbesar peluang untuk meningkatkan permintaan produk atau layanannya. Sehingga, peluang peningkatan pendapatan juga semakin terbuka lebar.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan, fitur baru itu juga memungkinkan pemilik UMKM mengirim pesan personalisasi, misalnya dengan nama pelanggan tertentu. Dengan begitu, fitur ini bakal membantu mengotomatiskan kegiatan promosi viat teks yang biasa harus dilakukan pemilik bisnis secara manual setiap hari.

Baca juga: Cara Mendaftar WhatsApp Bisnis untuk UMKM

Ada pula informasi soal performa pesan promosi yang telah dikirim pengusaha. Sehingga, pengusaha bisa memperbaiki promosinya ke depannya.

Fitur baru WhatsApp Bisnis yang bisa bantu pemilik UMKM dalam promosi.WABetaInfo Fitur baru WhatsApp Bisnis yang bisa bantu pemilik UMKM dalam promosi.
Namun, tampaknya fitur ini tidak gratis. Dalam tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo, pemilik bisnis bakal membayar setiap pesan kampanye yang mereka kirim. Namun, mereka dapat mengelola biaya agar tetap sesuai anggaran mereka.

Belum diketahui kapan fitur ini bakal tersedia untuk pengguna WhatsApp Business.

Sebenarnya, WhatsApp Business juga memiliki layanan WhatsApp Business Application Programming Interface (API).Teknologi API yang dapat terhubung dengan perangkat lunak milik perusahaan.

Baca juga: Ini Beda WhatsApp Business dan WhatsApp Cloud API

Dengan API, pengelolaan pesan WhatsApp Business perusahaan jadi lebih mudah. Perusahaan pun dapat menjalankan strategi omnichannel dengan menghubungkan semua kanal miliknya.

Dengan demikian, perusahaan dapat menjangkau serta menjalin komunikasi yang lebih efisien dan cepat dengan pelanggan secara luas.

Namun, menurut laporan GizChina sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (6/5/2023), WhatsApp Business API itu lebih berguna untuk perusahaan besar. Sementara, pemilik UMKM disebut cukup kesulitan dalam menggunakannya.

Makanya, dengan fitur baru ini, pemilik UMKM juga dapat melakukan promosi sesuai anggarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com