Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Xiaomi Pad 6 Segera Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Kompas.com - 07/05/2023, 09:01 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi tampaknya tengah bersiap memboyong perangkat baru berupa tablet dari lini seri Xiaomi Pad.

Indikasi itu terlihat dari munculnya perangkat baru bermerek Xiaomi yang terdaftar di situs sertifikasi Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Postel) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menurut laman sertifikasi Postel, perangkat itu memiliki nomor model 23043RP34G. Keterangan "Nama Perangkat" pada laman itu juga menunjukkan bahwa perangkat tersebut adalah "Tablet Komputer".

Baca juga: Pasar Tablet Turun 3 Persen Sepanjang 2022, Apple Tetap Tumbuh

Penelusuran KompasTekno, Minggu (7/5/2023), nomor model itu merujuk pada Xiaomi Pad 6 yang sudah dirilis April lalu di China.

Secara rinci, nomor model 23043RP34G merujuk pada Xiaomi Pad 6 versi global. Dengan kata lain, ada kemungkinan bahwa Xiaomi Pad 6 yang bakal rilis di Indonesia merupakan versi global, bukan versi China (23043RP34C).

Meski demikian, pihak Xiaomi Indonesia sendiri belum memberikan bocoran apapun mengenai tablet baru perusahaan itu. Untuk itu, tanggal peluncuran Xiaomi Pad 6 di Indonesia juga belum dapat dipastikan.

Satu hal yang pasti adalah bahwa tablet Xiaomi itu akan segera rilis di Indonesia, mengingat perangkat tersebut sudah lolos sertifikasi dan muncul di laman Ditjen Postel.

Nomor model Xiaomi Pad 6 muncul di situs PostelKompas.com/Lely Maulida Nomor model Xiaomi Pad 6 muncul di situs Postel

Selain tablet, laman itu juga menunjukkan stylus atau pena digital dengan nomor model 23031MPADC. Ketika ditelusur, nomor tersebut merujuk pada Xiaomi Smart Pen gen 2.

Baca juga: Xiaomi Pad 5 Pro Versi Upgrade Meluncur, Harga Mulai Rp 6 Jutaan

Stylus itu kemungkinan menjadi suksesor dari Xiaomi Smart Pen generasi pertama yang rilis bersamaan dengan Xiaomi Pad 5 pada tahun 2021.

Dengan munculnya perangkat itu di situs Postel, maka dapat dipastikan pena digital tersebut juga dirilis di Indonesia.

Spesifikasi Xiaomi Pad 6 dan Xiaomi Pad 6 Pro

Xiaomi Pad 6 baru dirilis di China, sehingga spesifikasi tablet itu dalam versi global belum terungkap. Kendati demikian, spesifikasi Xiaomi Pad 6 yang rilis di China bisa menjadi gambaran.

Tablet ini debut di China dalam dua varian, meliputi Xiaomi Pad 6 dan Xiaomi Pad 6 Pro. Keduanya hadir dengan spesifikasi yang berbeda satu sama lain.

Pada aspek dapur pacu, Xiaomi Pad 6 ditenagai oleh chipset Snapdragon 870, dipadukan dengan RAM 6/128 GB atau 8/256 GB. Sementara versi Pro ditenagai chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1, dipadukan dengan RAM 8/256 GB atau 12/512 GB.

Pada aspek kamera, versi reguler hanya dibekali kamera belakang tunggal 13 MP, sedangkan Xiaomi Pad 6 Pro mengusung kamera ganda, resolusinya masing-masing 50 MP dan 2 MP.

Xiaomi Pad 6.GSMArena Xiaomi Pad 6.

Selain kamera belakangnya yang didukung resolusi tinggi, kmera depan Xiaomi Pad 6 Pro juga lebih besar dibanding versi reguler, yaitu 20 MP. Sementara Xiaomi Pad 6 kamera depannya hanya 8 MP.

Spesifikasi lainnya yang berbeda antara Xiaomi Pad 6 dan 6 Pro yaitu pada aspek baterai. Varian reguler memiliki baterai 8.840 mAh, didukung fast charging 3 watt. Sementara itu varian Pro didukung baterai 8.600 mAh, disertai fast charging 67 watt.

Terlepas dari perbedaan di atas, kedua tablet itu tampil identik dengan ukuran layar yang sama, yaitu 11 inci.

Harga Xiaomi Pad 6 di China dibanderol mulai dari 2.000 yuan atau sekitar Rp 4,2 juta. Adapun Xiaomi Pad 6 pro dibanderol mulai 2.700 yuan atau sekitar Rp 5,7 juta.

Harga Xiaomi Pad 6 dan 6 Pro di Indonesia sendiri baru akan terungkap ketika perangkat ini diresmikan di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com