Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hands-on Oppo Find N2 Flip, Ponsel Lipat Mungil yang Punya Cover Screen Besar

Kompas.com - 08/05/2023, 12:03 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo tengah bersiap meluncurkan ponsel lipat terbarunya, yaitu Find N2 Flip, di Indonesia dalam waktu dekat. 

Menjelang momen peluncurannya yang tanggalnya masih belum diketahui, KompasTekno berkesempatan menggenggam Oppo Find N2 Flip untuk pertama kalinya, guna melihat apa saja hal-hal yang menarik yang bisa dikulik dari ponsel lipat ini.

Hal pertama yang langsung mencuri perhatian kami saat menggenggam Oppo Find N2 Flip adalah layar sekundernya alias Cover Screen.

Cover Screen di ponsel yang mengusung mekanisme lipatan ala kulit kerang (clamshell) ini berorientasi portrait, berbeda dengan ponsel lipat serupa yang ada di pasaran dengan Cover Screen orientasi landscape

Baca juga: Melihat Kemampuan Layar Utama dan Layar Mungil di Oppo Find N2 Flip

Selain itu, layar sekunder di ponsel Oppo juga lebih besar dengan ukuran 3,26 inci, berbanding 1,9 inci dari ponsel kompetitor, dengan jenis panel yang sama yaitu AMOLED. 

Cover Screen di Oppo Find N2 Flip (kiri) dan Cover Screen di ponsel kompetitor (kanan). Bisa dilihat, layar mungil di Find N2 Flip mengusung format portrait, berbeda dengan layar mungil di ponsel kompetitor dengan format landscape.KOMPAS.com/Bill Clinten Cover Screen di Oppo Find N2 Flip (kiri) dan Cover Screen di ponsel kompetitor (kanan). Bisa dilihat, layar mungil di Find N2 Flip mengusung format portrait, berbeda dengan layar mungil di ponsel kompetitor dengan format landscape.

Karena ukurannya lebih luas, Cover Screen di Oppo Find N2 Flip tentunya bisa menampilkan lebih banyak konten dibanding layar kecil milik ponsel kompetitor.

Karena bisa memuat lebih banyak konten, layar sekunder ini juga punya fungsi hampir sama sebagaimana layar utama, meskipun tetap masih terbatas.

Kami bisa melakukan lebih banyak hal penting di Cover Screen ini, di mana sebelumnya hal tersebut hanya bisa dilakukan ketika ponsel berada dalam keadaan normal dan tidak dilipat (dibentangkan).

Dua di antaranya seperti membalas pesan WhatsApp (WA) dan mengontrol serta memilih daftar lagu Spotify langsung dari Cover Screen. 

 

Tampilan daftar lagu Spotify yang bisa dilihat langsung di Cover Screen Oppo Find N2 Flip.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan daftar lagu Spotify yang bisa dilihat langsung di Cover Screen Oppo Find N2 Flip.

Selain dua hal tersebut, layar kecil ini juga bisa menampilkan beragam informasi penting seperti waktu, tanggal, hingga informasi cuaca. 

Layar ini juga bisa menjalankan berbagai aplikasi penting seperti kamera, jadwal, kalender, penghitung mundur waktu, dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, Cover Screen di Oppo Find N2 Flip bisa dibilang memiliki fungsi yang lebih banyak, dan boleh jadi bakal lebih sering dipakai, dibanding Cover Screen di ponsel lain dengan model yang sama.

Baca juga: Ponsel Lipat Oppo Find N2 Flip Bisa Dibuka Tutup 400.000 Kali

Lipatan layar yang disamarkan

Selain layar sekunder, layar utama (Main Screen) tentunya merupakan hal kedua yang kami sorot, terutama bekas lipatan (crease) yang timbul di area engsel (hinge) atau di bagian tengah layar.

Menurut pengamatan kami, crease di Find N2 Flip terlihat lebih samar apabila dibandingkan dengan bekas lipatan di ponsel lipat lain dengan model serupa.

Hal ini berkat konstruksi engsel ponsel lipat Oppo yang mengadopsi bentuk mirip tetesan air (teardrop). Di ponsel lipat kompetitor, konstruksi engsel yang digunakan mirip huruf "U".

Tampilan layar Oppo Find N2 Flip (kanan) yang bisa menyamarkan bekas lipatan, serta layar ponsel kompetitor (kiri) yang bekas lipatannya masih kelihatan.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan layar Oppo Find N2 Flip (kanan) yang bisa menyamarkan bekas lipatan, serta layar ponsel kompetitor (kiri) yang bekas lipatannya masih kelihatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com