Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melacak Lokasi Pasangan via WhatsApp dengan Mudah

Kompas.com - 08/05/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu fitur WhatsApp yang cukup berguna adalah fitur Share Live Location atau Bagikan Lokasi Terkini. Fitur itu dapat dipakai buat melacak lokasi terkini dari orang-orang terdekat kita, termasuk pasangan.

Dalam kondisi tertentu, lokasi terkini pasangan bisa jadi menjadi sebuah informasi yang perlu diketahui. Kondisi itu, misal, saat pasangan sedang berpergian. Dengan mengetahui lokasi terkini, kita bisa melihat apakah pasangan sudah sampai tujuan atau belum.

Baca juga: Ramai soal WhatsApp Web Masih Bisa Diakses di Laptop meski HP Mati, Benarkah Demikian?

Fitur Share Live Location WhatsApp dapat mengakomodasi kebutuhan atas informasi lokasi terkini tersebut. Lewat Share Live Location WhatsApp, pengguna bisa mengirim informasi lokasi terkini ke pengguna lain.

Kemudian, pengguna lain yang menerima informasi itu bisa melacak lokasi pengguna secara real-time dalam jangka waktu tertentu. Lantas, bagaimana cara melacak lokasi seseorang lewat WhatsApp?

Bila berminat untuk mencobanya, berikut adalah penjelasan cara melacak lokasi pasangan melalui WhatsApp.

Cara melacak lokasi pasangan lewat WhatsApp

  • Pastikan pasangan Anda telah membagikan lokasi terkininya lewat fitur Share Live Location di ruang obrolan WhatsApp.
  • Untuk membagikan lokasi terkini, caranya klik ikon tambah yang berada di kolom pengetikan pesan dan pilih opsi “Lokasi”.
  • Setelah itu, bakal muncul peta dan klik opsi “Bagikan Lokasi Terkini” atau “Share Live Location”.
  • Kemudian, pilih durasi informasi lokasi terkini bakal ditayangkan, bisa 15 menit, 1 jam, dan 8 jam.
  • Selanjutnya, kirim informasi lokasi terkini ke ruang obrolan.
  • Sebagaimana sempat disinggung di atas, Anda bisa melacak lokasi terkini pasangan lewat informasi yang dikirim ke ruang obrolan tersebut.
  • Informasi lokasi terkini bakal terhenti apabila durasinya sudah habis atau aksesnya dihentikan.

Ilustrasi cara melacak lokasi pasangan lewat WhatsApp.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melacak lokasi pasangan lewat WhatsApp.

Cukup mudah bukan cara melacak lokasi pasangan lewat WhatsApp? Cara di atas tidak hanya dapat dilakukan untuk melacak lokasi terkini pasangan, tetapi bisa juga untuk mengetahui lokasi terkini orang-orang terdekat lainnya.

Namun, penting diketahui, membagikan informasi lokasi terkini sebaiknya dilakukan dengan dasar kesepakatan yang saling diketahui bersama. Jangan memaksa atau diam-diam membagikan informasi lokasi itu ke kita, sehingga terkesan seperti penguntit.

Kemudian, sebagai informasi tambahan pula, cara di atas dijajal pada aplikasi WhatsApp di iPhone dengan versi sistem operasi iOS 16.4.1. Beda wadah untuk mengakses mungkin bakal sedikit berbeda pula langkahnya.

Baca juga: Trik Melihat Status WA agar Tidak Ketahuan Pembuatnya, Tanpa Aplikasi Tambahan

Demikianlah penjelasan cara melacak lokasi pasangan lewat WhatsApp dengan fitur Share Live Location, selamat mencoba.

=====

Dapatkan update berita teknologi dan gadget terbaru di kanal Telegram KompasTekno. Klik https://t.me/kompastekno untuk bergabung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com