Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lolos ke Final SEA Games 2023, Tim CrossFire Indonesia Pastikan Satu Medali di Tangan

Kompas.com - 09/05/2023, 10:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Babak Grup (Group Stage) dan Semifinals dari cabang olahraga e-sports nomor CrossFire di SEA Games 2023 digelar pada Senin (8/5/2023).

Hasilnya, timnas Indonesia berhasil lolos ke babak Final untuk memperebutkan medali emas setelah menundukkan sang tuan rumah, Kamboja, dan juga Laos.

Ini berarti tim CrossFire Indonesia setidaknya sudah mengamankan medali perak, hasil yang tentunya lebih baik ketimbang SEA Games 2021 Vietnam yang mana timnas menyumbang medali perunggu untuk Tanah Air.

Baca juga: Game Counter Strike Dipakai untuk Sebar Informasi Konflik Rusia Ukraina

Jalannya pertandingan

Kontingen Merah-Putih (INA) dengan roster KF, ev9, FireZs, adrnking, Sh0ck, serta MiERR awalnya kalah melawan Vietnam dalam pertandingan pertama berformat Best of 1 (BO1) alias satu game terbaik, dengan skor 2-10.

Pertandingan kedua tim ini sebenarnya cukup sengit pada babak awal dengan skor 3-2 untuk Vietnam. Hanya saja, kerja sama tim Vietnam sulit ditaklukkan bahkan pada ronde 5-2 saat skuad Tanah-Air unggul satu pemain dan harus melakukan "retake" bomb site.

Meski kalah pada laga pertama, harapan Indonesia belum pupus. Benar saja, pada match berikutnya skuad Merah-Putih "melibas" tuan rumah Kamboja dengan skor 10-1.

Timnas CrossFire Indonesia tidak memberi ruang pada skuad Kamboja untuk bernapas, skor awal 6-0 untuk Indonesia. Ini menjadi hasil dominasi INA_KF dengan jumlah kill mencapai 11 tanpa mati.

Poin kill ini hampir lebih banyak dua kali lipat dibanding rekan timnya dengan poin kill sekitar 3 hingga 7.

KF dkk berikutnya kalah pada ronde ketujuh sehingga skor menjadi 6-1. Kendati demikian, Kamboja tidak berhasil "menyulap" satu poin tersebut untuk comeback.

Melibas Laos di semifinal

Pada babak semifinal, Indonesia beradu melawan Laos dalam pertandingan berformat Best of 3 (BO3) atau tiga game terbaik.

Pada babak ini, timnas CrossFire Indonesia melibas Laos dengan skor 2-0, lebih spesifiknya 10-6 pada match pertama dan 10-1 pada match kedua.

Sedikit merekap pertandingan, Indonesia selalu memimpin skor pertandingan walaupun Laos tidak berbeda jauh di belakangnya, mulai dari 2-1 untuk Tanah Air, 6-4, hingga 8-5. Adapun skor ini diperoleh skuad Merah-Putih karena kerja sama dan distribusi kill yang seimbang.

Hampir semua anggota tim mengumpulkan lebih dari 10 poin kill, kecuali INA_FireZs dengan skor 7 kill. Pada akhirnya, Laos mentok mengumpulkan 6 ronde dan harus memikirkan cara untuk memenangkan match berikutnya.

Tim CrossFire Indonesia yang tinggal memenangkan satu match lagi untuk memasuki babak Final tetap serius dan tidak lengah. Hal ini ditunjukkan oleh performa gemilang skuad KF dkk yang mendulang 8 poin ronde berturut-turut.

Baca juga: Menjajal Game Zombie Baru Garena Undawn Sebelum Rilis, Begini Tampilannya

Potret pertandingan Indonesia vs Laos di SEA Games 2023 cabor e-sports CrossFireE-sports Federation Cambodia Potret pertandingan Indonesia vs Laos di SEA Games 2023 cabor e-sports CrossFire
Pada ronde berikutnya, Indonesia mengalami kekalahan tetapi mereka kembali merebut 2 poin lagi untuk mengakhiri pertandingan dan meloloskan diri ke babak Final.

Halaman:
Sumber Liquipedia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com