Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Oppo Find N2 Flip, Ponsel Lipat yang Bikin Hati Tenang

Kompas.com - 09/05/2023, 11:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Find N2 Flip merupakan ponsel lipat terbaru Oppo yang segera dijual Indonesia. Ponsel lipat ini dibekali dengan berbagai fitur unggulan yang diklaim lebih tangguh dibanding kompetitornya yang sudah ada di pasaran.

Nah, KompasTekno berkesempatan untuk menjajal ponsel lipat dengan form factor ala kulit kerang (clamshell) ini dan menjadikannya sebagai perangkat sehari-hari, alias daily driver, selama beberapa minggu kemarin. 

Kami menggunakan ponsel ini untuk menggunakan aplikasi perpesanan macam WhatsApp, membuka aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, hingga dipakai untuk memotret, serta bermain game untuk melepas penat.

Namun, bukan pengalaman menggunakan aplikasi atau bermain game saja yang menjadi sorotan kami di sini, melainkan pengalaman menggunakan ponsel lipat itu sendiri. 

Baca juga: Oprek Engsel Oppo Find N2 Flip di Pabriknya Langsung, Secanggih Apa?

Selama beberapa minggu memakai Oppo Find N2 Flip, kami bisa simpulkan bahwa ponsel lipat ini bisa membuat hati pemiliknya tenang. 

Ilustrasi engsel Oppo FInd N2 Flip.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi engsel Oppo FInd N2 Flip.

Bisa dibilang begitu karena ketakutan kami akan menggenggam sebuah ponsel lipat perlahan hilang, lantaran layar dan engsel (hinge) ponsel lipat ini yang terasa kokoh. Sehingga, kami tidak takut ponsel lipat ini rusak ketika dibuka-tutup. 

Sensasi aman melipat ini boleh jadi karena bentuk engsel yang sudah mengusung konstruksi mirip tetesan air (waterdrop), bukan konstruksi "U" seperti ponsel lipat yang ada di pasar. 

Dengan konstruksi engsel seperti ini, Oppo mengeklaim ponsel lipat ini kuat dibuka tutup hingga 400.000 kali, serta mampu merapatkan kedua sisi layar ketika Oppo Find N2 Flip dilipat. 

Berkat engsel ini pula, pengalaman membuka atau menutup, alias melipat, ponsel ini juga terasa mulus, tidak kaku seperti kompetitornya. 

Kami bisa bilang begini karena kami sempat menjajal Galaxy Z Flip 4 beberapa bulan lalu. Setelah ada Oppo Find N2 Flip, kami bisa merasakan bahwa sensasi melipat lebih nyaman di ponsel Oppo dibanding ponsel Samsung. 

Bekas lipatan

Tampilan layar utama Oppo Find N2 Flip yang masih bisa dilihat dengan jelas di bawah sinar matahari terik.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan layar utama Oppo Find N2 Flip yang masih bisa dilihat dengan jelas di bawah sinar matahari terik.

Selain pengalaman melipat yang bikin hati tenang, bekas lipatan (crease) pada layar utama (Main Screen) Oppo Find N2 Flip juga membuat nyaman pemiliknya.

Sebab, efek crease di perangkat ini akan lebih samar apabila dibandingkan dengan ponsel lipat lain yang ada di pasar saat ini. Dengan begitu, ponsel lipat ini seakan terlihat seperti smartphone biasa ketika dibentangkan. 

Namun tetap saja, karena merupakan ponsel lipat, bekas lipatan di Oppo Find N2 Flip tetap akan terlihat apabila dilihat dari sudut tertentu, terutama ketika layar sedang dalam keadaan standby dan disorot oleh cahaya lampu.

Menyoal Main Screen, layar utama Oppo Find N2 Flip berjenis Foldable LTPO AMOLED dengan luas diagonal 6,8 inci, resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan mencapai 1.600 nits.

Baca juga: HP Lipat Oppo Find N2 Flip Ternyata Dirakit di Tangerang, Begini Prosesnya

Layar ini lebih lega dan terang dibandingkan ponsel lipat milik kompetitor. Ketika dilihat di bawah terik sinar matahari, konten yang ditampilkan layar bisa dibilang masih dapat dilihat dengan cukup jelas.

Selain lebih luas dan terang, layar ini juga lebih lebar dari ponsel kompetitor. Sebab, Find N2 Flip mengusung rasio layar yang mirip smartphone "reguler", yaitu 21:9. Di sisi lain, ponsel kompetitor memiliki rasio layar 22:9, sehingga akan terlihat lebih "kurus".

Cover Screen fungsional

Ilustrasi membalas pesan WA langsung di Cover Screen Oppo Find N2 Flip.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi membalas pesan WA langsung di Cover Screen Oppo Find N2 Flip.

Layar sekunder alias Cover Screen adalah hal lainnya yang kami sorot di ulasan kali ini. Sebab, Cover Screen di Find N2 Flip mengusung orientasi portrait, berbeda dengan ponsel lipat serupa yang ada di pasaran dengan Cover Screen orientasi landscape.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com